Home DUNIA 337 Orang Tewas dalam Kerusahan di Afrika Selatan

337 Orang Tewas dalam Kerusahan di Afrika Selatan

by U&A
0 comment

Johannesburg (U&A.com) – Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) melaporkan korban tewas akibat kerusuhan di Afsel terus bertambah. Kerusuhan telah merenggut 337 nyawa, melonjak dari 276 kematian yang diumumkan pada hari sebelumnya.
“Polisi Afrika Selatan telah merevisi jumlah kematian di Gauteng (provinsi) menjadi 79 dan KwaZulu-Natal menjadi 258 terkait kerusuhan itu,” kata Khumbudzo Ntshavheni, seorang menteri di kantor presiden, seperti dilansir AFP, Kamis (22/7). Dia mengatakan bahwa beberapa kematian terbaru adalah orang-orang yang meninggal karena sejumlah luka yang diderita selama kerusuhan.

Baca Juga : Rafiq Pastikan Kebutuhan Oksigen Medis Aman

Penjarahan dan pembakaran bisnis yang meluas terjadi awal bulan ini. Kerusuhan terjadi sehari setelah mantan Presiden Jacob Zuma mulai menjalani hukuman penjara 15 bulan karena mengabaikan penyelidikan korupsi.
Kekerasan meningkat menjadi kerusuhan terburuk sejak berakhirnya apartheid. Peristiwa itu mendukung Presiden Cyril Ramaphosa melabelinya sebagai upaya ‘pemberontakan’.
Hingga kini, kerusuhan itu telah menyebabkan kerusakan senilai 3,4 miliar Dollar. Kekerasan meluas di provinsi asal Zuma, KwaZulu-Natal dan Gauteng, dua provinsi terpadat yang sama-sama menyumbang setengah dari pengeluaran ekonomi Afrika Selatan.
Zuma pada hari Kamis diizinkan untuk meninggalkan penjara sebentar di kota tenggara Estcourt untuk menghadiri pemakaman saudaranya Michael, yang meninggal karena sakit beberapa hari setelah mantan presiden itu dipenjara.
Kekerasan telah mereda, dan enam orang termasuk seorang DJ radio sejauh ini telah ditangkap dengan tuduhan menghasut untuk melakukan kekerasan publik. Beberapa ribu orang lagi ditahan karena penjarahan dan pembakaran. (dtc)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy