Home BERITA UTAMAADVETORIAL ADVETORIAL : KARIMUN Boyong 3 Penghargaan dari Kementrian Desa PDTT

ADVETORIAL : KARIMUN Boyong 3 Penghargaan dari Kementrian Desa PDTT

by U & A.com
451 views

Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Abdul Halim Iskandar menyerahkan penghargaan Bhakti Desa pertama, dan diterima oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, di Bintan Agro Beach and Resort, Rabu (1/2/2023).

TANJUNGPINANG (U&A.com) – Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berhasil meraih tiga penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pada ajang Peringatan Hari BUM Desa Tahun 2023 di Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau di malam puncak pada Kamis (2/2/23) .

Adapun penghargaan itu diantaranya penghargaan Bhakti Desa pertama untuk Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq atas pencapaian desa mandiri yang diterima oleh Wakil Bupati Karimun Dr H Anwar Hasyim.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Abdul Halim Iskandar, dan diterima oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, di Bintan Agro Beach and Resort, Rabu (1/2/2023).

Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Karimun, yang dinilai telah mampu mencapai status Desa Mandiri, Desa Maju dan Desa Berkembang, berdasarkan hasil pemutakhiran perkembangan status desa, dengan Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2022.

“Kabupaten Karimun saat ini mempunyai enam Desa yang berstatus mandiri, kemudian 14 Desa berstatus Maju, dan 22 Desa dengan status Berkembang,” ujar Anwar Hasyim.

Dari status tersebut, Anwar Hasyim memastikan bahwa di Kabupaten Karimun ini sudah tidak ada lagi desa berstatus tertinggal.

Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Abdul Halim Iskandar menyerahkan BUM Desa Bersama Inspiratif kategori BUM Desa Bermanfaat kepada Bumdes Bersama (Bumdesma) Lancang Amanah LKD Kundur Barat yang diterima oleh Direktur Bumdesma Lancang Amanah LKD., di Bintan Agro Beach and Resort, Rabu (1/2/2023).

Kemudian penghargaan yang diraih dan ditorehkan Kabupaten Karimun adalah penghargaan Bhakti Ekonomi Desa yang diterima oleh Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq.

Penghargaan diserahkan Menteri Desa, Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar kepada Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq pada malam Pesta Rakyat Hari BUMDes di Bintan, Kamis (2/2/2023) malam.

Lencana Bhakti Ekonomi Desa adalah penghargaan bagi kepala daerah yang mempunyai komitmen mentransformasikan pengelolaan dana bergulir masyarakat eks PNPM-MPD menjadi BUMDes dan dinilai berhasil melaksanakan program tersebut.

Atas penghargaan itu, Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang diperoleh dan menyatakan bahwa keberhasilan ini merupakan komitmen dan hasil kerja keras jajaran Pemkab Karimun bersama segenap Pemerintahan Desa, serta seluruh komponen masyarakat desa yang turut mendukung dan mensukseskan program-program di pedesaan.

“Prestasi ini membuktikan adanya sinergi yang kuat antara Pemkab Karimun dan Pemerintahan Desa dalam merealisasikan berbagai program dan kegiatan sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya penghargaan ketiga yang diraih dan ditorehkan Kabupaten Karimun adalah penghargaan BUM Desa Bersama Inspiratif kategori BUM Desa Bermanfaat yaitu Bumdes Bersama (Bumdesma) Lancang Amanah LKD Kundur Barat yang diterima oleh Direktur Bumdesma Lancang Amanah LKD.

Penyerahan penghargaan tersebut di serahkan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat menggelar Peringatan Hari BUM Desa Tahun 2023 di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan (Ex Arena MTQ) Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau di malam puncak pada Kamis (2/2/23).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karimun, Jackie Steward Touw S.STP M.IP mengatakan, Bumdesma Lancang Amanah LKD Kundur Barat terpilih atas keberhasilan berinovasi menciptakan peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Bumdesma Lancang Amanah LKD ini merupakan satu diantara 7 Bumdesma yang ada di Kabupaten Karimun yang memiliki program pengembangan perekonomian masyarakat,” ujar Jackie kepada U&A.com, Kamis (2/2/23).

Jackie mengapresiasi penuh capaian penghargaan nasional yang diraih Bersama (Bumdesma) Lancang Amanah LKD Kundur Barat. Selamat kepada (Bumdesma) Lancang Amanah LKD atas penghargaan yang diterima dari Mendes PDTT, semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi nagari-nagari yang lain dan menjadi pionir dalam mensukseskan desa-desa lain yang ada di Kabupaten Karimun,” ucap Jackie. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy