Home BERITA UTAMAADVETORIAL ADVETORIAL : ‘KARIMUN PULIH EKONOMI BANGKIT’

ADVETORIAL : ‘KARIMUN PULIH EKONOMI BANGKIT’

by U & A.com
0 comment

* Geliat dan Langkah 23 Tahun ‘Bumi Berazam’

KARIMUN (U&A.com) “Karimun Pulih, Ekonomi Bangkit”. Demikian tema yang telah ditetapkan oleh Bupati Karimun Provinsi Kepri Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Karimun ke – 23 Tahun yang jatuh pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Dengan tema tersebut, Bupati mengajak seluruh jajaran Pemkab Karimun, serta seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama secara ikhlas, sehingga kondisi Karimun kembali pulih, dan ekonomi Karimun bisa bangkit kembali.

“Seperti tema yang kita tetapkan, saya mengingatkan dan mengajak kepada seluruh ASN dan komponen Karimun agar terus bergotong-royong dan bekerja ikhlas untuk bangkit bersama pasca musibah pandemi ini,” ucap Aunur Rafiq saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Jadi Ke-23 Tahun Kabupaten Karimun yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Karimun, Rabu (12/10/2022).

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menghadiri syukuran Hari Jadi Kabupaten Karimun di gedung serba guna kantor Bupati Karimun

Diungkapkan Aunur Rafiq, pasca pandemi Covid-19, diharapkan melalui Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-23 Tahun Karimun, semua komponen harus bangkit bersama, ikhlas bekerja dan menguatkan semangat gotong-royong.

“Artinya diharapkan semua jajaran Pemkab Karimun dan masyarakat dapat bekerja dengan ikhlas dan doa semoga “Karimun Pulih, Ekonomi Bangkit”,” jelasnya.

Karimun Aunur Rafiq juga mengirim pesan kesederhanaan dibalik baju melayu yang dikenakan seluruh peserta upacara yang hadir terbatas.

“Peringatan HUT Ke-23 Kabupaten Karimun ini dilaksanakan secara sederhana. Ini simbol kalau kita semua warga Karimun masih punya semangat agar ekonomi Karimun dapat pulih kembali pasca Covid-19. Terima kasih saya mengucapkan kepada seluruh jajaran TNI/ Polri, relawan dan jajaran Pemkab Karimun yang telah bergotong-royong mengatasi covid sampai hari ini,” kata Aunur Rafiq.

Berikut Isi pidato lengkap Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si :

Bismillahirrahmanirrahim
Assallamuallaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi Dan Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.

BISMILLAHIRROHMAANIRROHIM
ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI
WABARAKATUH

Yth. Sdr. Ketua, Wakil Ketua dan Para Anggota DPRD Kabupaten Karimun
Yth. Sdr. Wakil Bupati Karimun.
Yth. Sdr. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karimun.
Yth. Sdr. Sekretaris Daerah, para Asisten Sekda, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Satuan dan Kepala Bagian dalam Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun.
Yth. Sdr. Pendiri Kabupaten, Pemangku Adat, Tokoh Masyarakat, Para Alim Ulama, Cerdik Pandai, Tokoh Pemuda dan Para Pelajar.
Yth. Ibu. Ketua Dharma Wanita, PKK, BKMT beserta anggota.
Yth. Sdr. Insan Pers, baik media cetak maupun media elektronik yang hadir, serta hadirin yang berbahagia.

HADIRIN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI

Pertama-tama saya mengajak marilah kita semua untuk senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT / Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nyalah pada pagi yang berbahagia ini kita masih dalam keadaan sehat wal afiat sehingga dapat bersama sama hadir pada upacara memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Karimun ke-23 Tahun,

negeri yang kita cintai, negeri yang dianugrahi Allah SWT sumber daya alam yang melimpah, negeri yang memiliki keanekaragaman budaya, suku dan bangsa, negeri dimana masyarakatnya hidup secara harmonis dan penuh toleransi,

negeri yang memberikan keleluasaan bagi masyarakatnya untuk berkarya dan mengabdi, dengan penuh dedikasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan daerah,

negeri yang amanah ditopang oleh budaya melayu yang bernafaskan Islam sebagai inti dan jati diri daerah, sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun Kabupaten Karimun ke-23 Tahun 2022 yaitu dengan semangat Hari Ulang Tahun ke 23 Kabupaten Karimun mari Kita terus Tingkatkan Prestasi Kerja Bersama Menuju Karimun Bersih (beriman, sehat dan hormonis)

Kemudian tak Lupa Shalawat beriring salam kita sampaikan kepada junjungan alam Nabi Besar Muhammad SAW seraya mengucapkan ALLAHUMMA SHALLI ALA MUHAMMAD WA ALA ALI MUHAMMAD

HADIRIN YANG SAYA HORMATI

Mengawali penyampaian pidato dalam rangka HUT Kabupaten Karimun ke-23, pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi- tingginya kepada semua pihak, pendiri kabupaten, pemangku adat, tokoh masyarakat, aparatur pemerintah, alim ulama, cendikiawan, tokoh pemuda, para pelajar serta seluruh elemen masyarakat.

Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT, dan persatuan kita semua maka berdirilah Kabupaten Karimun, berdasarkan Undang-undang Nomor 53 Tahun 1999, yang pada tanggal 12 Oktober ini ditetapkan sebagai tanggal lahirnya Kabupaten Karimun yang kita peringati setiap tahunnya.

Kabupaten Karimun pada hari ini telah genap berusia 23 tahun yang tentu sudah dewasa dari segi umur berdirinya Kabupaten ini.

Dengan memperingati Hari Ulang Tahun yang Ke-23 ini Pemerintah Daerah terus berupaya mendesain atau merancang sebuah formula masa depan yang berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu serta kekayaan kemajukan budaya masyarakat

Kabupaten Karimun yang sama-sama kita cintai. Sebagai masyarakat Kabupaten Karimun kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Karimun sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk terus membangun tanah tumpah darah ini dengan karya dan prestasi, kerja produktif, demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik dan tentunya kesejahteraan masyarakat yang semakin lebih baik.

Beberapa Hal yang dapat kami sampaikan terhadap progress sementara capaian pembangunan Pemerintah Kabupaten Karimun pada Tahun 2021- 2026 antara lain :

Pertama:
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat merupakan hal yang sangat penting di dalam pembangungan sebuah daerah, hal tersebut juga menjadi indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (penduduk) suatu daerah.

Sampai saat ini Indek Pembangunan Manusia Kabupaten Karimun telah mencapai status IPM tinggi yang berada pada angka 71,70, dan Insya Allah untuk tahun 2024 target IPM Kabupaten Karimun yang akan kita capai akan meningkat menjadi 73,08 hal tersebut menjadi indikator keberhasilan pemerintah daerah kabupaten karimun dari masa kemasa dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Karimun.

Kedua :
Selanjutnya dalam upaya pembangunan sumberdaya manusia yang menyangkut urusan ekonomi, angka kemiskinan Kabupaten Karimun setiap tahun terus mengalami penurunan, pada tahun 2021 angka kemiskinan mencapai 6,85 persen, masih di bawah angka kemiskinan nasional mencapai 10,14 persen.

Begitu juga dengan tingkat pengangguran di Kabupaten Karimun mengalami penurunan, jika dilihat dari persentase angka tingkat penggangguran terbuka (TPT) tahun 2020 yang terjadi penurunan dari 8,36 persen turun di tahun 2021 menjadi 7,20 persen, masih di bawah TPT Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021 yakni sebesar 9,91 persen.

Begitu juga terkait dengan angka ketimpangan pendapatan atau Gini Ratio di Kabupaten Karimun selama tahun 2021 mengalami peningkatan, pada tahun 2020, Gini Ratio Kabupaten Karimun berada pada poin 0,315 pada tahun 2021 naik menjadi 0,370 poin, hal ini tentunya disebabkan oleh pandemic Covid-19 yang memaksa menurunnya aktivitas ekonomi terutama sektor jasa dan usaha informasi karena ada kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.

Ketiga :
Meski dilanda pandemii Covid-19 selama 2 (dua) tahun pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karimun pada tahun 2021 masih kuat dan menunjukkan tren positif yakni 2,37 Persen, dibandingkan tahun 2020 yang mengalami keterlambatan minus -3,59 persen.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karimun berada diperingkat ke 3 (tiga) di Kepulauan Riau setelah Kota Batam dan Kepulauan Anambas.

Begitu juga Angka Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Karimun juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2021 PDR Batas dasar harga berlaku sebesar Rp.14,1 Triliun, lebih tinggi dari tahun 2020 yakni sebesar 13,3 Triliun, sedangkan angka PDRB atas dasar harga konstan sebesar Rp.9,3 Triliun lebih tinggi dibandingkan 2020 yakni sebesarRp.9,1 Triliun.

Adanya indikator-indikator tersebut menunjukkan kualitas pembangunan manusia di Kabupaten Karimun semakin membaik. Upaya dan kerja keras dalam memberikan pelayanan yang terdepan dan prima kepada masyarakat serta pelayanan birokrasi yang handal dapat kita lihat dengan sederet prestasi yang telah dicapai oleh pemerintah Kabupaten Karimun.

Adapun beberapa capaian hasil Pembangunan sepanjang Tahun 2021- 2022 juga telah menerima beberapa Penghargaan, diantaranya adalah:

1. Penghargaan Penerapan Sistem Merit Dalam Manejemen Aparatur Sipil Negara Tahun 2022 dengan Kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara;
2. Peringkat II, Penghargaan Nasional Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja dari BKN Award 2022;
3. Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama Tahun 2021 dan 2022;
4. Peringkat Pertama Penggunaan Belanja ALKES Dalam Negeri Tertinggi se-Provinsi Kepulauan Riau dari Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan
5. Pengelola PIP Terbaik 1 Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2022 dari Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan;
6. Pemenang Kategori Website Terbaik Data Award Tingkat Nasional Untuk Forum Anak Tingkat Kabupaten Tahun 2021;
7. Penghargaan WTP yang ke 8 (delapan) kali Untuk Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2021;
8. Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2021 dengan Predikat nilai“BB”;
9. Penghargaan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Dalam Rangka Menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dari Menteri Dalam Negeri;
10. Penghargaan dalam Mendukung Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Kabupaten Karimun Tahun 2021 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU);
11. Penghargaan sebagai peserta Kompetensi Pelayanan Publik Tahun 2022 “USAIDAH TERBIT KK DAN KTP-EL” dari Bupati Karimun;
12. Penghargaan Petani Berprestasi Provinsi Kepulauan Riau dari Menteri Pertanian.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA
Sebagai momentum dalam mensyukuri hari lahir Kabupaten Karimun saat ini, segala pencapaian Kabupaten Karimun yang tercatat hari ini bukanlah untuk semata-mata mengundang tepuk tangan, melainkan untuk semakin menguatkan optimisme kita bersama dalam meneruskan pembangunan demi mewujudkan Visi Kabupaten Karimun 2021-2026 yaitu : “Terwujudnya Kabupaten Karimun Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Berkeadilan Berdasarkan Iman dan Taqwa”,

Selanjutnya kita terus berupaya untuk mencapai target-target pembangunan yang akan direncanakan dimasa depan diantaranya dalam merealisasikan Pengembangan Bandar Udara Raja Haji Abdullah, dimana sampai saat ini sedang dilakukan pengembangan perluasan bandara dengan Panjang landasan 2.200 Meter dan lebar 45 Meter, pengembangan bandara ini dilakukan kurun waktu 2021-2023 secara bertahap.

Untuk mendukung kelancaran moda transportasi udara di wilayah Kabupaten Karimun, Pemerintah Kabupaten Karimun dan Pihak Swasta khususnya maskapai Wings Air telah berkomitmen untuk melayani penerbangan di Bandara Raja Haji Abdullah dan telah melakukan Proving Flight (Kesiapan Terbang) ke Bandara Raja Haji Abdullah, untuk penerbangan selanjutnya direncanakan melalui rute Pekanbaru – Tanjung Balai Karimun (PP) sehingga akan memudahkan masyarakat Kabupaten Karimun dalam memilih moda transportasi yang diinginkan.

Kemudian untuk meningkatkan penataan dan modernisasi fasilitas pelabuhan di wilayah Kabupaten Karimun khususnya pelabuhan Kargo Karimun, melalui pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana pelabuhan Bongkar Muat Parit Rampak dan Pelabuhan Malarco yang terus diupayakan untuk dapat diselesaikan dan dipergunakan secepatnya.

Selain itu juga pengembangan Kawasan Karimun Goldcoast yang dilakukan oleh pihak swasta menjadi icon tersendiri di Kabupaten Karimun sampai saat ini masih terus dikembangkan, mudah- mudahan akan meningkatkan citra positif investasi Kabupaten Karimun bagi dunia usaha.

Untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat Karimun ke depan, Pemerintah Daerah akan mewujudkan penataan Kawasan coastal area melalui Program Revitalisasi area kuliner Putri Kemuning yang nantinya dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan keindahan sehingga lebih menarik bagi parawisatawan yang berkunjung di Kabupaten Karimun.

Dibidang Pelayanan Publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Karimun pada tahun 2023 akan di laksanakan program strategis daerah yaitu Revitalisasi Gedung Karimun Exibition and Convention Centre (KECC) menjadi Mal Pelayanan Publik.

Dimana Mal Pelayanan Publik ini terdiri 2 (dua) lantai. Untuk lantai satu direncanakan akan menjadi tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa atau pelayanan administrasi lainnya, sehingga perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha.

Sementara itu untuk lantai dua akan di fungsikan untuk tempat ruangan terbuka yang bisa digunakan untuk tempat acara baik untuk wedding atau kegiatan pihak swasta dan lainnya.

Selanjutnya pada bagian sisi kiri dan kanan bangunan akan di jadikan tempat usaha sejumlah kafe atau kuliner oleh pihak swasta maupun UMKM masyarakat Kabupaten Karimun, yang nantinya akan berkonstribusi dalam peningkatan PAD daerah.

PARA UNDANGAN YANG BERBAHAGIA
Pada kesempatan ini juga kami sampaikan permohonan maaf terkait dengan belum terpenuhi kesejahteraan pegawai ASN dan Non ASN di tahun 2022 ini, dimana salah satunya akibat pandemi covid- 19 yang masih melanda Indonesia

tidak terkecuali Kabupaten Karimun yang berimbas pada menurunnya APBD Kabupaten Karimun tahun 2022, serta dengan jumlah pegawai Non ASN yang begitu besar, ditanggung oleh APBD Kabupaten Karimun, tentunya sangat mempengaruhi APBD kita dan berimbas pada menurunnya pemberian kesejahteraan pegawai baik ASN maupun Non ASN Pemerintah Kabupaten Karimun.

Pada kesempatan ini, kami selaku Pemerintah Kabupaten Karimun, Insya Allah pada tahun 2023 yang akan datang, akan berupaya meningkatkan kesejahteraan pegawai secara menyeluruh, dalam bentuk peningkatan tambahan penghasilan pegawai, baik bagi Pegawai Negeri Sipil maupun rekan-rekan P3K, yang tentunya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah kita pada tahun 2023.

Kemudian dalam rangka menjamin terselanggaranya pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat di Kabupaten Karimun, Insya Allah pada tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Karimun akan menganggarkan tambahan pembiayaan pemberian insentif bagi guru-guru di Hinterland yang berada di wilayah Kabupaten Karimun yang berjumlah 199 Orang yang terdiri dari 76 Pegawai ASN dan 123 Pegawai Non ASN.

Segala usaha dan upaya pemerintah Kabupaten Karimun lakukan merupakan komitmen dan progresivitas dalam hal memajukan pendidikan di Kabupaten Karimun yang kita cintai ini.

Pada kesempatan ini juga terkait Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Nomor : B/1511/M.SM.01.00/ 2022, Tanggal 22 Juli Tahun 2022 tentang pendataan tenaga Non ASN di lingkungan instansi pemerintah, yang tentunya sudah sama-sama kita dengar dan baca terkait kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah mengenai pendataan pegawai Non ASN, maka pada kesempatan ini dapat disampaikan, Pemerintah Kabupaten Karimun akan melakukan pendataan secara menyeluruh kepada seluruh pegawai Non ASN yang memenuhi kriteria dan ketentuan yang telah di atur untuk dapat mengikuti seleksi sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, atau dikenal dengan P3K pada tahun 2023 mendatang.

Untuk Tahun 2022 Pemerintah Pusat melalui Kemenpan RB akan membuka lowongan penerimaan pegawai P3K di seluruh Indonesia dan Khususnya untuk Kabupaten Karimun “Alhamdulillah” mendapatkan kuota sejumlah 1.156 (seribu seratus lima puluh enam) orang yang terdiri dari:
1. Tenaga Guru berjumlah : 765 Orang,
2. Tenaga Kesehatan berjumlah : 67 Orang, dan
3. Tenaga Teknis berjumlah : 324 Orang

Tentunya kami sangat berharap kepada seluruh angkatan kerja pemuda dan pemudi anak Karimun khususnya tenaga-tenaga Non ASN dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dan tentunya sesuaikan dengan kompetensi masing-masing.

Mudah-mudahan kebijakan-kebijakan yang kita ambil ini dipermudah oleh Allah SWT. Amin amin amin ya robalalamin.

PARA PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA
Sebelum saya mengakhiri pidato ini, perkenankan saya, atas nama Pemerintah Kabupaten Karimun menyampaikan ucapan terimakasih dan hormat yang setinggi-tingginya kepada para pimpinan daerah sebelumnya, dan tokoh masyarakat pendiri Kabupaten Karimun atas amalan jasa dan pengabdiannya dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Disamping itu pula saya menghimbau kepada seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Karimun dan komponen masyarakat untuk bersama-sama saling bersinergi dan bahu-membahu dalam membangun Kabupaten Karimun yang lebih baik dengan merapatkan barisan dan membangun persatuan dalam jalinan tali persaudaraan dan rasa solidaritas yang tinggi, sehingga akan menciptakan ketertiban dan suasana aman tenteram dalam masyarakat kabupaten Karimun.

Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Semoga Allah SWT selalu memberikan Hidayah dan Inayah-Nya kepada kita semua, Amien.

DIRGAHAYU KABUPATEN KARIMUN YANG KE-23.

Wa Billahi Taufiq Wal Hidayah
Wassalamuaalaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh.

Bupati Karimun

(r/hj)

 

 

 

 

 

 

 

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy