Home BERITA UTAMAADVETORIAL ADVETORIAL : Saat Lantik 6 Kades, Bupati Karimun Sebut 2023 Jalan di Pulau Belat Diaspal

ADVETORIAL : Saat Lantik 6 Kades, Bupati Karimun Sebut 2023 Jalan di Pulau Belat Diaspal

by U & A.com
0 comment

Beginilah kondisi jalan di Pulau Belat saat Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menghadiri dan melantik 6 kepala desa di Kecamatan Belat, Kamis (11/8/2022)

* Pemerintah Alokasikan Rp 20 Miliar dari APBN 2023

KARIMUN (U&A.com) – Bupati Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Dr H Aunur Rafiq menyampaikan, jika jalan di Pulau Belat Kecamatan Belat, bakal diaspal pada tahun 2023 mendatang.

Hal itu disampaikannya, saat melantik 6 kepala desa (kades) terpilih periode 2021-2027 se Kecamatan Belat hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Karimun Provinsi Kepri 3 Juli 2022 bertempat di gedung Kantor Camat Belat, Kamis (11/8/2022).

“InsyaAllah pemerintah pusat lewat dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 mendatang mengalokasi anggaran pembangunan untuk infrastruktur jalan di Pulau Belat ini dari . Total anggarannya hampir Rp 20 miliar ,” terang Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq saat menyampaikan sambutan.

Ia menyebut menyampaikan hal ini menyusul banyaknya pertanyaan dan permintaan dari masyarakat setiap datang dan berkunjung ke pulau Belat.

“Setiap saya datang pertanyaanya pasti, pak bile jalan di kampung kami diaspal , maka dengan ini saye mesti menyampaikannya. Kita terus berupaya dan sudah dianggarkan Rp 20 miliar untuk pengaspalan jalan di Pulau Belat,” ucap Aunur Rafiq.

Menurut Bupati pembangunan jalan di Pulau Belat memang sangat membutuhkan anggaran yang besar. Sehingga adanya rencana pemerintah pusat dalam membantu pengaspalan jalan ini sangat diapresiasi oleh Pemkab Karimun dan masyarakat

“Hal ini tentunya sangat menbantu kita , apalagi kondisi APBD kita saat ini memang agak riskan. Ini adalah kabar baik buat kita semua, usaha dan kerja keras kita bersama InsyaAllah disetujui oleh pemerintah pusat,” ujar Aunur Rafiq.

Diakuinya, pembangunan di Pulau Belat memang agak lambat selama ini, tetapi itu bukan berarti dirinya dan jajarannya mengabaikan masyarakat di Pulau Belat. “Tak bole kecik hati, kita terus berupaya dengan segala daya upaya, bagaimana Pulau Belat ini bisa maju dan sejahtera kedepannya,” ucapnya.

Ketua DPD Partai Golkar Karimun itu mengatakan, pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan tersebut merupakan arahan Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Kebijakan ini bertujuan untuk semakin meningkatkan produktivitas dan konektivitas di Bumi Berazam terutama di pulau-pulau.

Aunur Rafiq menjelaskan, Anggaran dari dana Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian PUPR tersebut nantinya digunakan untuk membangun infrastruktur dasar terutama jalan di Pulau Belat. “Kita menargetkan pada 2023 jalan di Pulau Belat yang selama ini belum tersentuh pembangunan sudah benar-benar selesai dan dinikmati oleh warga masyarakat,” ucap Aunur Rafiq.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Aunur Rafiq, menyampaikan, meminta 6 kepala desa (Kades) di 6 desa di Kecamatan Belat agar memahami Tugas, Kewajiban, Hak dan Wewenang.

Adapun 6 kepala desa yang dilantik adalah Latip (Kades Sebele Kecamatan Belat), Asnan (Kades Lebuh Kecamatan Belat), Abdul Rahman S.Pd. Jas (Kades Penarah Kecamatan Belat), Marsudi S.Pd.SD (Kades Sei Asam Kecamatan Belat), Nazaruddin (Kades Tebias Kecamatan Belat) dan Abdul Ali (Kades Degong Kecamatan Belat)

Ia menegaskan, Surat Keputusan (SK) sebagai kepala desa jangan hanya disimpan tetapi dibaca isinya serta dipahami

“SK sudah diterima dan dibacakan tadi khan, artinya apa yang tertera di SK itu, apa yang menjadi tugas, wewenang, hak dan kewajiban sebagi seorang kepala desa betul-betul harus dipahami satu per satu,” ujar Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq juga mengingatkan terkait dengan regulasi dan aturan tentang desa selalu mengalami perubahan oleh karena ini kepala desa harus inovasi dan inovatif dan juga kreasi untuk memenej pemerintahan desa itu dengan baik.

“Harus sejalan dengan visi dan misi dari pemerintah Kabupaten Karimun yakni ‘Terwujudnya Kabupaten Karimun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berkeadilan yang dilandasi iman dan takwa’. Keberhasilan misi dan visi ini tentunya bisa dilihat dari proses pembangunan dan peng anggaran di OPD, kecamatan termasuk desa dan kelurahan,” ucap Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq juga menyampaikan pesan penting kepada para kepala desa diantaranya antara lain meminta para kades secepatnya melakukan konsolidasi untuk membangun desa bersama dengan seluruh elemen di masyarakat.

“Dapat saya sampaikan kepada para kades terpilih, masyarakat yang terbelah pada saat pilkades kemaren agar segera disatukan kembali. Tidak boleh ada perpecahan karena harus segera membangun desa bersama-sama. Perlakukan masyarakat dengan baik. Jangan karena pada pemilihan tidak dipilih, lantas tidak dilayani. Jangan hanya karena persoalan politik, jadi membuat kita tercerai berai,” kata Bupati Aunur Rafiq dalam sambutannya.

Pesan penting lainnya, Aunur Rafiq juga mengingatkan kepada para kepala desa agar berhati-hati dalam mengelola dana desa, sehingga tidak terjerat dengan hukum.

“Saya berharap tidak adalagi Kades dan perangkat kades yang terjerat dan tersandung kasus hukum. Di Kabupaten Karimun ini pengelolaan keuangan desa itu sudah tersistem, jadi kalau para kepala desa patuh, insyaallah mereka selamat,” jelasnya.

Turut menghadiri acara pelantikan diantaranya 5 Anggota DPRD yakni Hadi Siswanto (PAN), Fakhrurazzi (PKB), Anwar (Golkar), Raja Rafiza (Golkar), Samsul (Golkar), Ery Suandri (Anggota DPRD Provinsi Kepri) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karimun, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun HM Firmansyah serta staf ahli bupati dan asisten turut hadir dalam kegiatan ini.

Acara ini juga dihadiri kepala Perangkat Daerah Kabupaten Karimun, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karimun, camat, kepala desa, ketua BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para kepala desa terpilih.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 29 Kepala Desa yang baru di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun telah terpilih di Pilkades Serentak 2022, Minggu, (3/7/2022) lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun, Jackie Stewart Touw menyampaikan, pilkades serentak tahap kedua Kabupaten Karimun pada tahun ini di selenggarakan di 29 Desa 11 kecamatan yang berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah Pelaksanaan Pilkades Serentak Karimun Tahun 2022 dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif, meskipun ada sedikit permasalahan terkait Pemilih, namun hal tersebut dapat di selesaikan dengan penjelasan dan Musyawarah bersama dengan tanpa meninggalkan aturan perundang-undangan yang berlaku,”ucapnya.

Sebelumnya Pemkab Karimun juga sukses telah menggelar pilkades serentak tahap pertama pada tahun 2021 lalu dan telah melantik 8 kades terpilih periode 2021-2027 bertempat di gedung Nasional Karimun, Senin (13/12/2021) lalu. (hj)

Galeri Photo Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan 6 Kepala Desa Periode 2022 – 2028 Kecamatan Belat Kabupaten Karimun :

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq mengambil sumpah dan melantik 6 kepala desa di Kecamatan Belat

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq membacakan surat keputusan (SK)

Nazaruddin (Kades Tebias Kecamatan Belat) membacakan fakta integritas

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyampaikan sambutan

Nazaruddin (Kades Tebias Kecamatan Belat) menandatangani berita acara pelantikan

Abdul Rahman S.Pd. Jas (Kades Penarah Kecamatan Belat) menandatangani berita acara pelantikan

6 kadies terpilih di kecamatan belat diambil sumpah

6 kadies terpilih di kecamatan belat menyanyikan lagu Indonesia Raya

Pembacaan Doa

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq memberikan uicapan selamat

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq bersama Abdul Ali (Kades Degong Kecamatan Belat)

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq bersama Nazaruddin (Kades Tebias Kecamatan Belat)

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq bersama Abdul Rahman S.Pd. Jas (Kades Penarah Kecamatan Belat)

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyematkan pin kepada Abdul Rahman S.Pd. Jas (Kades Penarah Kecamatan Belat)

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq bersama Asnan (Kades Lebuh Kecamatan Belat),

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyematkan pin kepada Asnan (Kades Lebuh Kecamatan Belat),

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq bersama Latip (Kades Sebele Kecamatan Belat)

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyematkan pin kepada Latip (Kades Sebele Kecamatan Belat)

Foto bersama usai pelantikan

Foto bersama usai pelantikan

Pembacaan Doa

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Ketua PKK Kabupaten Karimun Hj Azmah Aunur Rafiq

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyalami baninsa Kecamatan Belat

Hasil Pilkades Serentak Kabupaten Karimun 2022 :

Hasil Pilkades Serentak Kabupaten Karimun 2021 :

 

 

 

 

 

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy