Home BERITA UTAMA Bawaslu Karimun Umumkan 42 Nama Anggota Panwascam Terpilih, Lima Diantaranya Perempuan

Bawaslu Karimun Umumkan 42 Nama Anggota Panwascam Terpilih, Lima Diantaranya Perempuan

by U & A.com
0 comment

KARIMUN (U&A.com) – Bawaslu Kabupaten Karimun Provinsi Kepri mengumumkan 42 nama anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) terpilih.

Dari keseluruhan anggota Panwascam terpilih itu, terdapat lima keterwakilan perempuan masing-masing atas nama Lufia Syahrunita (Panwascam Kecamatan Buru), Faridah (Panwascam Kecamatan Durai), Nicky Noor Hazaina (Panwascam Kecamatan Meral), Pariani (Panwascam Kecamatan Selat Gelam) dan Pratami Oktisa (Panwascam Kecamatan Tebing).

Pengumuman anggota Panwascam terpilih itu berdasarkan surat ketetapan Nomor 0661/KP/01.000/KR-01/10/2022, yang sebelumnya telah ditetapkan dalam rapat pleno Bawaslu Karimun.

“Berdasarkan hasil rapat pleno, hari ini (Rabu) kami mengumumkan 42 nama orang-orang yang dinyatakan lulus sebagai Panwascam di Kabupaten Sergai, dengan 5 di antaranya adalah perempuan,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat S.Sos, yang juga tim Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Karimun,Rabu (26/10/2022).

Ia menyampaikan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karimun telah memenuhi komitmen berjanji bakal memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30 persen sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2019 dalam seleksi berikutnya.

“Di regulasi kita memperhatikan keterwakilan perempuan 30 persen. Di Panwascam, kita mengutamakan mereka itu melakukan sosialisasi ke komunitas-komunitas perempuan, disabilitas, dan masyarakat adat,” ujar Nurhidayat.

Nurhidayat menyebutkan bahwa secara hukum, sebetulnya tidak ada kewajiban bahwa 30 persen keterwakilan perempuan ini mesti terpenuhi. Namun, ia mengeklaim, pihaknya berkomitmen terhadap hal itu sebagai bagian dari afirmasi perempuan. “(Dalam peraturan), bahasanya ‘memperhatikan’ (keterwakilan perempuan). Kalau hukum kan tidak wajib,” ujarnya.

Nurhidayat menyebut, pelantikan terhadap anggota Panwascam akan dilaksanakan pada Sabtu 29 Oktober 2022 mendatang.

Dia mengatakan, setiap kecamatan nantinya memiliki tiga orang anggota Panwascam yang akan bertugas mengawasi pemilihan di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

“Pelantikan akan dilakukan pada Sabtu 29 Oktober 2022 nanti di Hotel Aston Karimun yang akan dilantik oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun Masing masing Panwascam nanti akan dibagi pada 14 Kecamatan di Kabupaten Karimun,” kata Nurhidayat.

Sebelum melaksanakan tugas sebagai pengawas tahapan Pemilu 2024 di kecamatan, sebut Nurhidayat, Bawaslu Karimun akan terlebih dahulu memberikan pembekalan terhadap 42 orang anggota Panwascam.

Bimbingan teknis dilakukan agar anggota Panwascam segera dapat bekerja membantu mengawasi jalannya tahapan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024 oleh KPU Karimun.

“Nanti langsung Bimtek agar bisa langsung bekerja melakukan pengawasan saat verifikasi faktual partai peserta Pemilu,” katanya. Dia pun berharap, semua anggota Panwascam agar dapat bekerja dengan baik, guna menyukseskan Pemilu 2024.

“Selamat bekerja dan selamat bergabung, dan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya, kita yakin yang terpilih adalah orang orang yang terbaik,” tutup Nurhidayat. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy