Home BERITA UTAMA Bumdesma Lancang Amanah LKD Kundur Barat Sukses Tembus Tingkat Nasional

Bumdesma Lancang Amanah LKD Kundur Barat Sukses Tembus Tingkat Nasional

by U & A.com
310 views

* Wakili Kepri di Ajang Pemilihan BUMDes Inspiratif

KARIMUN (U&A.com) – Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Lancang Amanah LKD Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun terpilih mewakili Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan masuk nominasi pada ajang pemilihan BUMDes inspiratif yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Tranmigrasi ( Kemendesa PDTT ) Tahun 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karimun, Jackie Steward Touw S.STP M.IP mengatakan, Bumdesma Lancang Amanah LKD Kundur Barat terpilih atas keberhasilan berinovasi menciptakan peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Bumdesma Lancang Amanah LKD ini merupakan satu diantara 7 Bumdesma yang ada di Kabupaten Karimun yang memiliki program pengembangan perekonomian masyarakat,” ujar Jackie kepada U&A.com, Minggu (29/1/2023).

Jackie menyampaikan, sesuai dengan surat yang disampaikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Tranmigrasi ( Kemendesa PDTT ) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 63/PRI.02/I/2023 tertanggal 26 Januari 2023 tentang nominasi pemenang BUM Desa/BUM Desa bersama inspiratif, Duta BUM Desa dan Profilling Desa dimana nominasi pemenang lomba akan diumumkan pada Pesta Rakyat di Hari BUm Desa yang digelar di Kabupaten Bintan Provinsi Kepri pada Kamis 2 Februari 2023 esok.

“Pengumumnan pemenang dan penyerahan penghargaan diserahkan di lokasi acara yakni di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan (Ex Arena MTQ) Desa Teluk, Gunung Kijang Bintan,” ujar Jackie.

Jackie, menjelaskan, Bumdesma Lancang Amanah LKD Kecamatan Kundur Barat mengikuti festival di kategori BUmDes Inspiratif.

BUMDes inspiratif merupakan kategori kegiatan untuk menginspirasi BUMDesa/BUMDesma yang telah berhasil mendorong pengembangan ekonomi, dan investasi di desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi.

Pemilihan BUMDes inspiratif melalui mekanisme pemilihan yang di lakukan di 33 provinsi. Setiap provinsi mewajibkan mengirim satu BUMDes dan satu BUMDesa bersama inspiratif.

“Ini adalah keberhasilan yang cukup membanggakan bagi kita, dimana Bumdesma Lancang Amanah LKD terpilih dan masuk nominasi pemenang bersaing dengan BUM Desa Bersama Nagari Sambilan Kabupaten Solok Sumbang. Mohon doa dan restu semoga kita jadi pemenangnya,” ucap Jackie.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun HM Firmansyah mengungkapkan, pemerintah daerah terus mendorong BUMDes untuk melakukan inovasi potensi yang ada di desa masing masing untuk bisa dimaksimalkan menjadi sumber pendapatan desa.

“Alhamdulilah BUMDes Lancang Amanah LKD terpilih mewakili Kepri dan masuk nominasi ,” ungkap Firmansyah .

Firmansyah juga meyakini melihat dari sistem administrasi pengelolaan yang baik dengan daya dukung UMKM badan usaha Lancang Amanah LKD Kecamatan Kundur Barat mampu bersaing dengan kabupaten lain di Indonesia.

Ia juga berharap desa desa yang lain mampu menciptakan usaha yang akan menambah pendapatan asli desa di luar dari dana yang bersumber dari Pemerintah Daerah.

Terpilihnya BUMDESMA Lancang Amanah LKD Kecamatan Kundur Barat mewakili Provinsi Kepri, mendapat apresiasi yang luar biasa dari Bupati Karimun, Dr H Aunur Rafiq dan Ketua TPKK Kabupaten Karimun, Ny. Raja Azmah Aunur Rafiq.

Bupati Karimun, Dr H Aunur Rafiq , mengatakan sangat senang dan bangga, dengan terpilihnya BUMDESMA Lancang Amanah LKD sebagai Duta Provinsi Kepri untuk mengikuti ajang di Tingkat nasional.

Aunur Rafiq berharap, BUMDESMA lain di Kabupaten Karimun, dapat mengikuti dan mengembangkan, bagai pengelolan BUMDES/BUMNAG seperti yang telah dilakukan oleh BUMDESMA Lancang Amanah LKD.

“ Saya merasa senang sekali, dimana BUMDESMA Lancang Amanah LKD, dapat prestasi yang gemilang, akan mewakili Kepri pada tingkat Nasional,” pungkasnya.

Dengan terpilihnya Bumdesma Lancang Amanah LKD Ke Tingkat Nasional, Bupati Aunur Rafiq berharap menjadi motivasi bagi desa yang lain untuk mengembangkan UMKM dan Bumdes di desa masing – masing.

“Saya mendukung dan saya bangga, saya harapkan desa lain, kecamatan lain, BUMDESMA maupun BUMDES, semua berlomba-lomba bagai mana meningkatkan ekonomi masyarakat,” ucap Bupati Aunur Rafiq.

Sementara itu, Ketua TP PKK yang juga Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun, Hj Raja Azmah Aunur Rafiq , juga sangat mengapresiasi atas apa yang telah dicapai oleh BUMDESMA Lancang Amanah LKD. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy