Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Buntut Game Higgs Domino, BK DPRD Karimun Segera Panggil Politisi PAN HS

Buntut Game Higgs Domino, BK DPRD Karimun Segera Panggil Politisi PAN HS

by U & A.com
0 comment

Hadi Siswanto (HS), anggota DPRD Karimun dari Fraksi PAN dan Anwar Hasan Ketua BK DPRD Karimun

* Fraksi PAN Sampaikan Permohonan Maaf

KARIMUN (U&A.com) – Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun Provinsi Kepri akan memanggil dan melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaran etik prilaku tak terpuji anggota DPRD Karimun dari Fraksi PAN, Hadi Siswanto (HS) yang asyik main game online ‘Higgs Domino’ pada saat sidang paripurna di ruang rapat utama Balai Long Sri DPRD Karimun, Jumat (24/9/2021).

“Kami berkoordinasi dulu dengan unsur pimpinan, selanjutnya baru melakukan penyelidikan, verifikasi dan klarifikasi terkait hal tersebut, ” ujar Anwar Hasan Ketua BK DPRD Karimun ditemui di Gedung DPRD Karimun, Senin (27/9/2021).

Ia menjelaskan berita di sejumlah media online terkait prilaku anggota DPRD dari Dapil Karimun III (Kecamatan Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Belat dan Ungar) ini tersebut sudah dapat dijadikan dasar oleh BK untuk melakukan penyelidikan, verifikasi dan klarifikasi.

Ketika ditanya apakah perbuatan Hadi Siswanto telah termasuk dalam kategori melecehkan dan merendahkan lembaga dan anggota DPRD Karimun , Anwar mengaku belum bisa memberitahukannya sekarang.

“Biar kami bekerja dulu. Hasil tindaklanjuti kami nanti, akan kami beritahukan. Hasil klarifikasi kami nanti juga akan disampaikan kepada Fraksi PAN dan Ketua DPD PAN, ” ujarnya.

Anwar menegaskan BK nantinya akan segera memanggil dan memeriksa Hadi Siswanto untuk dimintai keterangan dan klarifikasi terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan .

“Termasuk juga nantinya meminta keterangan pelapor, saksi, atau pihak lain yang terkait termasuk meminta dokumen atau bukti lain; dan menjatuhkan sanksi kepada Anggota DPRD yang terbukti melanggar sumpah/janji dan Kode Etik, ” ujar Anwar.

Anwar menjelaskan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, Dan Kota tentang Badan Kehormatan, hasil penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi nantinya akan disampaikan dalam rapat paripurna yang dituangkan dalam berita acara.

“Sanksi nantinya ditetapkan dengan keputusan badan kehormatan dan diumumkan dalam rapat paripurna dan dipublikasikan oleh DPRD,” ujar Anwar.

Terkait Sanksi, kata Anwar, jika nantinya Hadi Siswanto terbukti melakukan pelanggaran atas sumpah/janji dan Kode Etik, badan kehormatan menjatuhkan sanksi berupa: a. teguran lisan; b. teguran tertulis; c. mengusulkan pemberhentian sebagai pimpinan alat kelengkapan DPRD; d. mengusulkan pemberhentian sementara sebagai Anggota DPRD; dan/atau e. mengusulkan pemberhentian sebagai Anggota DPRD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Fraksi PAN Minta Maaf
Sementara Hadi Siswanto dan Fraksi PAN DPRD Karimun secara terbuka telah menyampaikan permohonan maaf kepada lembaga dan anggota DPRD Karimun, simpatisan dan pendukung, serta masyarakat Karimun atas kekhilafan yang terjadi dan mengakui kesalahan.

Hadi Siswanto, mengaku telah berbuat kesalahan dalam rapat paripurna itu. “Saya mengaku salah, tapi tidak ada sedikitpun niat dari saya untuk melecehkan lembaga,” kata Hadi di Gedung DPRD Karimun, Senin (27/9/2021).

Hadi Siswanto yang didampingi Ketua Fraksi PAN DPRD Karimun Balia dan Sri Rezeki mengaku hal itu dilakukannya semata mata, untuk melawan rasa kantuknya, karena selaku anggota Badan Anggaran dirinya memang lelah dan kurang tidur

“Terus terang, rangkaian pembahasan anggaran yang kami lakukan cukup membuat lelah dan berdampak saya jadi kurang tidur. Agar tidak tertidur dalam rapat, makanya saya main game. Tapi untuk menghindari agar tidak tertidur dalam rapat dan bermain game juga kesalahan. Sebab itu saya mengaku salah,” katanya.

Seperti diberitakan, Aksi anggota DPRD Karimun kedapatan sedang main game online Higgss domino terjadi dalam sidang paripurna yang membahas 3 agenda pokok di ruang rapat Paripurna DPRD Karimun, Jumat 24/9/2021).

Anggota DPRD tersebut tertangkap kamera wartawan U&A.com saat Ketua DPRD Karimun mulai membuka sidang menyampaikan 3 agenda sidang yakni penyampaian pidato Bupati Karimun tentang rancangan perda No 7 Tahun 2016 tentang susunan organisasi tata kerja perangkat daerah dan RPJMD Kabupaten Karimun Tahun 2021-2026.

Serta penyampaian laporan hanggar terhadap kebijakan umum perubahan (KUPA) dan perubahan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) Kabupaten Karimun Tahun Anggaran 2021.

Anggota DPRD berinisial HS dari Fraksi PAN tersebut terlihat lagi asik bermain game online Higss domino sambil mendengarkan sidang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat.

HS terlihat sangat asik bermain game online Higgss domino dari awal sidang dimulai hingga akhir sidang.

“Mungkin dia (HS) lagi bosan,” kata Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat ketika di mintai tanggapannya, usai rapat paripurna.

Aksi politisi dari partai PAN ini mendapat respon dan langsung membuat he boh netizen di media sosial dan beritanya langsung viral. Hingga saat ini perilaku tidak terpuji anggota DPR tersebut terus dihujani kritikan pedas oleh para netizen pada kolom komentar unggahan tersebut. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy