Home BERITA UTAMASUMBARPADANG PARIAMAN Bupati Ali Mukhni Minta Proyek Tol PP-PKU Dipercepat

Bupati Ali Mukhni Minta Proyek Tol PP-PKU Dipercepat

by U & A.com
0 comment

PIMPIN RAPAT – Bupati Padangpariaman Ali Mukhni memimpin rapat pembahasan pengadaan tanah dengan pihak Polda Sumbar.

PADANG PARIAMAN (U&A) – Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, meminta kepada panitia pengadaan tanah jalan tol Padangpariaman menuju Pekanbaru bekerja cepat pada rapat koordinasi (Rakor) tentang percepatan pengadaan tanah ruas Jalan Tol Padang Pariaman- Pekanbaru bertempat di ruangan rapat Dirops Polda Sumbar, Senin (18/01/2021).

Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menekankan bahwasanya pemerintah Kabupaten Padangpariaman siap memfasilitasi panitia pengadaan tanah jika ada permasalahan dan kendala dilapangan, pada prinsipnya jika bisa dipercepat mengapa lama-lama.

Selanjutnya Ali Mukhni juga mengatakan bahwasanya sebagai aparatur kita harus siap dengan konsekwensi pekerjaan, sepanjang tidak merugikan keuangan negara silahkan dilanjutkan.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh perwakilan Kemenko Maritim dan investasi, Kanwil.BPN Sumbar, Asdatun Kejati, Karo Ops Polda, HKI dan Pemkab Padangpariaman.

Perwakilan Kemenko Maritim dan Investasi menegaskan agar percepatan segera dilakukan mengingat anggaran yang telah dialokasikan bisa dipindahkan ke ruas tol yg lain jika tidak segera direalisasikan.

Diberitakan sebelumnya terkait dengan ganti rugi lahan, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno telah menyerahkan uang Rp 8 miliyar sebagai ganti kerugian pengadaan lahan pembangunan jalan tol di seksi Kapalo Hilalang – Sicincin – Lubuk Alung – Padang STA 4+200 ke 36+600 KM di Kabupaten Padang Pariaman.

Penyerahan Uang Ganti Kerugian (UGK) tanah tersebut dilaksanakan secara simbolis di Aula Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sumatera Barat, Selasa (3/11/2020) lalu.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh dua orang penerima UKG, diataranya Syahrail dan Istrinya Rosima dengan nilai uang Rp 1.716.181.500 luas bidang tanah 8.526 M2 di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai dan M. Nur dan Istri Nurmalis menerima pembayaran UKG Rp. 1.179.540.000 dengan luas bidang 4.925 M2. yang masuk kedalam rekening masing-masing.

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, pembangunan jalan tol di provinsi tersebut merupakan salah satu program strategis nasional, dan menjadi bagian dari trans Sumatera yang menghubungkan Provinsi Sumbar dengan Provinsi Riau.

“Sebelumnya dalam pengadaan tanah, ada sebagian kecil menolak. Alhamdulillah, bisa kita atasi semuanya,” ucapnya.

Selanjutnya Irwan Prayitno mengatakan Pembayaran uang ganti kerugian sebanyak 18 (delapan belas) penerima, yang punya tanah dengan total Rp8 miliyar dari 1080 sekian bidang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

“Jalan tol juga merupakan solusi yang tepat dalam rangka memperlancar akselerasi ke semua sektor, sehingga distribusi pangan dan gerak ekonomi semakin meningkat,” imbuhnya.

Selanjutnya, gubernur mengucapkan terimakasih kepada semua pihak BPN, PUPR Kepolisian dan Kejaksaan telah terlibat aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat karena tanah di Sumbar ini adalah tanah ulayat.

“Terimakasih juga kita ucapkan kepada masyarakat yang hadir yang terkena ganti rugi tanah untuk pembangunan jalan tol, bahwa hal ini dilakukan untuk kesejahteraan kita semua,” ujarnya.

Selain itu ia juga mengatakan bagi masyarakat yang ikhlas melepaskan tanahnya untuk jalan, akan menjadi amal jariah mengalir terus menjadi prestasi dunia akhirat amalan kita menjadi pahala yang terus mengalir karena tanahnya dipergukan untuk transportasi dan kepentingan umum.

“Dibalik mengikhlaskan itu, juga mendapatkan uang ganti kerugian tanah, ini merupakan peluang ibadah untuk kepentingan jalan tol, selain dapat uang juga dapat pahala,” terang Irwan.

Lebih lanjut Irwan menyebutkan dengan adanya jalan tol nanti, sawah masyarakat yang berdekatan dengan jalan tol harganya akan menjadi naik dan juga naik manfaatnya.

“Dulu tidak ada jalan sekarang sudah ada, itulah manfaatnya jalan tol yang kita dapat. Tetapi diluar itu semua terkait dengan harga tanah itu sudah terbuka dan prosesnya sudah jelas,” sebutnya. (bj/hms-pdgprm)

 

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy