Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN CAIR, Aunur Rafiq Tinjau Pembagian BLT Migor dan Bantuan Sosial Sembako

CAIR, Aunur Rafiq Tinjau Pembagian BLT Migor dan Bantuan Sosial Sembako

by U & A.com
0 comment

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si menyampaikan pesan dan arahan

KARIMUN (U&A.com) – Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si memantau secara langsung penyaluran uang program Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng (migor) dan Bantuan Sosial Sembako (BSS) tahun 2022 di Kantor PT Pos Indonesia Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (16/4/2022) pagi.

Program ini merupakan kerja sama antara Pemkab Karimun Provinsi Kepri melalui Dinas Sosial (Dinsos) Karimun dengan PT. Pos Indonesia, dengan bantuan sebesar Rp. 500 ribu dengan rincian Rp. 200 ribu dari Bantuan Sosial Sembako (BSS) untuk bulan Mei 2022 dan Rp. 300 ribu dari BLT minyak goreng untuk bulan April, Mei, Juni 2022.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq dalam sambutannya mengimbau kepada keluarga penerima manfaat untuk memanfaatkan kedua bantuan tersebut sebaik-baiknya.

“Manfaatkan bantuan yang bapak ibu terima pada hari ini sebaik-baiknya, gunakan sesuai kebutuhan dan tujuan disalurkannya bantuan ini. Seperti untuk membeli minyak goreng dan bahan pokok lainnya,” ucap Aunur Rafiq.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir dengan ketersediaan minyak goreng di Kabupaten Karimun dan memastikan ketersediaan minyak goreng cukup bagi kebutuhan masyarakat sampai lebaran idul fitri 1443 H.

“Ketersediaan minyak goreng di Karimun cukup sampai lebaran, untuk itu masyarakat diharapkan jangan sampai panik dan membeli minyak goreng sebanyak-banyaknya. Justru, kepanikan ini yang akan menyebabkan kelangkaan,” kata Bupati.

9.441 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng (migor) dan Bantuan Sosial Sembako (BSS) tahun 2022

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si didampingi Kepala Dinas Sosial, Muhammad Tang  dan pihak kantor POS Karimun

Kepala Dinas Sosial, Muhammad Tang dan didampingi Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Irwandi Novri dalam laporannya menyampaikan, bahwasannya program penerima BLT minyak goreng dan Bantuan Sosial Sembako (BSS) di Kabupaten Karimun menyasar sebanyak 9.441 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Penyaluran bantuan dilakukan secara serentak di kantor PT Pos Indonesia yang ada di Jalan Pramuka, Kecamatan Karimun bagi KPM di Kecamatan Karimun, Tebing, Selat Gelam dan Buru,” ujar Muhammad Tang.

Ia menyampaikan adapun kantor Pos tempat pencairan BLT Migor dan Bantuan Sosial Sembako adalah Kantor cabang PT Pos Indonesia di Kecamatan Meral bagi KPM di Kecamatan Meral dan Meral Barat.

Kantor cabang PT Pos Indonesia di Kecamatan Kundur bagi KPM di Kecamatan Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Belat dan Ungar. Selanjutnya di kantor cabang PT Pos Indonesia di Kecamatan Moro bagi KPM di Kecamatan Moro, Durai dan Sugi Besar.

Lebih lanjut Muhammad Tang menyampaikan, Status Bansos Sembako BPNT dan BLT Minyak Goreng yang totalnya Rp500 ribu dapat dicek di cekbansos.kemensos.go.id menggunakan data KTP yang berlaku.

Pemilik KTP yang terdaftar di link cekbansos.kemensos.go.id berhak mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu bulan April 2022. Rincian bantuan adalah Rp200 ribu dana per bulan BPNT dan Rp300 ribu dana rapel BLT Minyak Goreng yang disalurkan bulan ini.

Cek status bantuan Bansos Sembako BPNT yang cair Rp500 ribu bulan ini dengan cari data di link cekbansos.kemensos.go.id sebagai laman terpadu yang dikelola Kemensos.

Pemerintah pada akhir bulan Maret 2022 lalu memutuskan untuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT Minyak Goreng sebesar Rp200 ribu per bulan. Bantuan salur dalam tiga bulan dan dirapel pada bulan April 2022.

Penerima BLT Minyak Goreng terdiri dari salah satunya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Sembako BPNT Rp200 ribu yang berjumlah 18,8 juta.

Pada bulan April 2022 yang sama, dua jenis bantuan akan cair yakni Bansos Sembako BPNT Rp200 ribu per bulan April 2022 dan BLT Minyak Goreng Rp300 ribu yang cair secara langsung tunai.

Pastikan masyarakat adalah penerima Bansos Sembako BPNT yang cair Rp500 ribu khusus bulan April 2022 dengan cek status bantuan di cekbansos.kemensos.go.id.

Cara cek status bantuan Bansos Sembako BPNT Rp200 ribu dengan sibsidi Rp300 ribu BLT Minyak Goreng adalah sebagai berikut:

1. Buka link online cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.

4. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.

5. Tekan tombol ‘Cari Data’.

Data pemilik KTP yang termuat di laman cekbansos.kemensos.go.id merupakan kelompok masyarakat yang berhak dapat Bansos Sembako BPNT dan BLT Minyak Goreng Rp500 ribu bulan April 2022.

Pemilik KTP atau masyarakat yang tidak terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id bisa lakukan daftar penerima di aplikasi Cek Bansos agar masuk dalam DTKS Kemensos agar diusulakan menjadi penerima bantuan.

Bansos Sembako BPNT Rp200 ribu telah memasuki jadwal salur tahap 4 sesuai hitungan bulan yakni di bulan April 2022 sebagai salah satu periode bantuan yang cair tahun ini.

Pemerintah melalui Kemensos atas pertimbangan berbagai faktor, menyalurkan stimulus bantuan tambahan BLT Minyak Goreng dalam tiga bulan penyaluran dengan total Rp300 ribu cair langsung di April 2022.

Bansos Sembako BPNT dan BLT Minyak Goreng yang sudah cair dapat digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan penting pangan sehari-hari. (r/hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy