Home BERITA UTAMA Cegah Korupsi Sejak Dini, Kejari Karimun Ajak Siswa/i SLTA Kenali Prilaku Koruptor

Cegah Korupsi Sejak Dini, Kejari Karimun Ajak Siswa/i SLTA Kenali Prilaku Koruptor

by U & A.com
0 comment

Kepala Kejari Kabupaten Karimun Firdaus SH MH saat membuka lomba pidato.

* Buka lomba pidato Antikorupsi Antar Siswa/i SLTA/sederajat se – Kabupaten Karimun

KARIMUN (U&A.com) – Momentum Hari Anti korupsi Sedunia oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Karimun, dijadikan ajang untuk memberikan edukasi tentang korupsi.

Sejumlah siswa dari beberapa sekolah dilibatkan dalam acara yang dikemas dalam bentuk lomba pidato Antikorupsi antar siswa/i SLTA/sederajat se – Kabupaten Karimun bertempat di SMAN 4 Karimun, Senin (12/12/2022).

Kegiatan yang mengambil Tema Materi Pidato : “HARI ANTI KORUPSI” ini digelar dalam rangka Hari Antikorupsi Internasional yang jatuh pada Jumat 9 Desember 2022.

“Lomba pidato tentang anti korupsi ini untuk pengetahuan siswa tentang korupsi. Tidak hanya penyuluhan hukum, tetapi juga melatih anak-anak ini berani tampil dan berani menyampaikan pengetahuannya tentang anti korupsi itu,” kata Kepala Kejari Kabupaten Karimun Firdaus SH MH saat membuka lomba pidato.

Selain itu, para siswa juga bisa menyampaikan kepada teman filing sekolah dan lingkungan masyarakat tentang bahaya korupsi terhadap keuangan negara dan lingkungan keluarga.

“Anak-anak ini generasi muda Indonesia, sehingga pada era-era mendatang Indonesia akan bebas korupsi,” katanya

Acara ini kita gelar memang dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember mendatang. Kita mulai melakukan dengan pembentukan karakter melalui pelibatan siswa,” terang Firdaus.

Firdaus menyampaikan memilih siswa SLTA/sederajat  disasar dalam konteks pembentukan karakter untuk menolak prilaku korupsi. “Kami berharap ini akan menjadi roll model bagi keluarga dan lingkungannya terutama lingkungan sekolah untuk menjauhi prilaku korupsi. Melalui lomba pidato anti korupsi akan lahir generasi dengan tingkat pemahaman yang baik soal korupsi.

“Kita tahu korupsi sudah jadi momok dan harus dihentikan. Kita berharap melalui anak-anak bisa kita mulai melakukan untuk menghentikannya,” tandas Wahyudi.

Kepala Kejari Kabupaten Karimun Firdaus SH MH menyampaikan sambutan

Tim Juri Lomba pidato yang terdiri dari Kepala Seksi Intelijen Kejari Karimun Rezi Dharmawan, S.H.,M.H, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Wandy Batubara, SH.,MH, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Gustian Juanda Putra, S.H,

Aksi salah satu siswa/i dalam menyampaikan pidato antikorupsi

Kepala Seksi Intelijen Kejari Kabupaten Karimun Rezi Dharmawan SH MH, menambahkan kegiatan ini digelar bertujuan memberikan pengetahuan anti Korupsi sejak dini dikalangan pelajar.

“Pertama memberikan pengetahuan, berupaya membentuk karakter anti korupsi sejak dini dikalangan pelajar. Progam ini juga merupakan pelaksanaan pemberantasan tindak pidana korupsi. Pemberantasan korupsi itu ada pencegahan dan penindakan. Kegiatan ini dalam langkah pencegahan membentuk generasi muda nanti yang anti korupsi ,” terang Rezi.

Ia menyampaikan, lomba pidato ini juga bertujuan membentuk karakter generasi muda agar senantiasa anti terhadap perilaku koruptif yang merusak sendi- sendi ekonomi, budaya, serta jati diri bangsa.

Dengan kegiatan itu, setidaknya ada pemahaman mendasar sejak dini yang ditanamkan kepada para pelajar supaya mereka mampu mendeteksi dan mencegah terjadinya Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) di lingkungannya masing-masing.

“Kami berharap para pelajar di ‘Bumi Berazam Karimun Darussalam’ ini bisa menjadi agen antikorupsi yang akan mencegah dan memberantas korupsi di masa mendatang,” ungkap Rezi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun Sugianto, menyambut baik sinergitas dengan kejaksaan dalam upaya mengenalkan apa itu itu korupsi. “Pelibatan siswa ini akan menjadi roll model, seperti tetesan minyak dan akan menyebarkannya kepada yang lain,” ucapnya.

Adapun hasil lomba pidato Antikorupsi antar siswa/i SLTA/sederajat se – Kabupaten Karimun adalah juara Ke 1 diperoleh oleh SMA Negeri 4 Karimun , juara Ke 2 yaitu SMA Negeri 4 Kundur , dan juara Ke 3 SMA 3 Karimun. Sedangkan untuk posisi juara harapan 1 yaitu MAN Karimun, juara harapan 2 SMA Maha Bodhi dan juara harapan 3 yaitu SMA 2 Moro.

Turut hadir dalam pembukaan pembukaan lomba pidato antara lain Kepala Cabang Dinas pendidikan Kepri di Karimun Zulpan Efendi, Mpd, Kepala Seksi Intelijen Kejari Karimun Rezi Dharmawan, S.H.,M.H, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Wandy Batubara, SH.,MH, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Gustian Juanda Putra, S.H, dan seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK/MAN dan SLB se-Kabupaten Karimun dan Kepala Sekolah SMA N 4 KARIMUN. (hj)

 

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy