Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Danrem 033/WP : TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI

Danrem 033/WP : TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI

by U & A.com
188 views

Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc foto bersama dengan Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq usai membuka TMMD ke 114 Tahun 2022 di Wilayah Kodim 0317/TBK

* Hadiri Pembukaan TMMD ke 114 Tahun 2022 di Wilayah Kodim 0317/TBK

KARIMUN (U&A.com) – Komandan Korem 033/WP Kepulauan Riau (Kepri) Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc, menghadiri pembukaan pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-114 Tahun 2022 Kodim 0317/TBK di Desa Selat Mendaun Kecamatan Selat Gelam Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (26/7/2022).

Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc dalam sambutannya mengatakan, Program TMMD merupakan salah satu cara untuk dapat mempercepat pembangunan dan memperkecil ketertinggalan antar wilayah khususnya daerah yang terpencil bertempat di Desa Selat Mendaun dan Desa Parit Kecamatan Selat Gelam.

Danrem 033/WP menambahkan, kehadiran para personel yang tergabung dalam Satgas TMMD dapat diterima dengan baik oleh masyarakat sehingga dapat terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antara personel dengan masyarakat dalam membangun wilayah tempat tinggalnya.

“TMMD digelar untuk mendukung percepatan pembangunan wilayah, yang selama pelaksanaannya melibatkan instansi dan juga masyarakat dilakukan secara gotong royong,” ungkap Brigjen TNI Yudi Yulistyanto.

Danrem 033/WP berpesan kepada Dansatgas TMMD untuk disampaikan kepada seluruh personel Satgas TMMD selalu menjaga silaturahmi dengan masyarakat setempat, menghormati adat istiadat atau tradisi untuk meminimalisir atau menghindari konflik yang tidak diinginkan.

Pembukaan TMMD Ke-114 tahun 2022 di Wilayah Kodim 0317/TBK ditandai dengan penyerahan alat kelengkapan kerja secara simbolis oleh Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc kepada para personel Satgas TMMD dan penandatanganan naskah berita acara TMMD oleh Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si bersama Komandan Kodim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto SE selaku Dan Satgas Kegiatan TMMD ke 114 tahun 2022.

Turut hadir dalam pembukaan TMMD Ke-114 Tahun 2022 di Wilayah Kodim 0317/TBK, Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si, Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirat, Eri Suandi Anggota DPRD Kepri, Samsul Anggota DPRD Karimun, Efrizal Anggota DPRD Karimun.

Kemudian, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Danlanal TBK diwakili oleh Palaksa Lanal TBK Mayor Laut P. Panjaitan, Danramil 01 Balai Mayor Chb Suriman, Kapolsek Balai AKP Harefa, Danpomal TBK Kapten Laut Mahatma Adhi. P, Danki Brimob TBK AKP Gungun, Ka Imigrasi TBK Lutfi, Kajari Karimun diwakili oleh Kasi Datun Kabid Penyidikan dan BAP Broto Setia Pribadi, KKP Karimun Agus. S, FKPPI Kab. Karimun Syahrul. A, Camat selat gelam Rudi, Kepala Desa Selat mendaun Rusli, dan Kepala Desa Parit Muhammad Rizli.

Kemudian dari Korem 033/WP, tampak mendampingi Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc terlihat Aspolwilhan I Brigjen TNI Bosco Harioyunanto, Gubernur Kepri diwakili oleh Kasi Trantib Kepri Rengki, Kasi Intel Korem 033/WP Letkol.Inf Dafy Darma Putra, Kasi Ops Korem 033/WP Letkol Inf Febi Triandoko. MSI. Han, dan Kasi Ter Korem 033/WP Letkol. Inf Zusnan Hadi Hudaya.

Pembukaan TMMD ke 114 Tahun 2022 di Wilayah Kodim 0317/TBK dalam Bidikan Lensa

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc dan Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirat

Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc menyalami warga selat mendaun

Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc dan Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si saat sampai di pelabuhan Desa Selat Mendaun

Dandim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto SE dan Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si menjadi inspektur pelaksanaan upacara pembukaan TMMD ke-114 wilayah Kodim 0317/TBK

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si menjadi inspektur pelaksanaan upacara pembukaan TMMD ke-114 wilayah Kodim 0317/TBK

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si menyaksikan penandatanganan penandatanganan naskah berita acara TMMD oleh Komandan Kodim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto SE selaku Dan Satgas Kegiatan TMMD ke 114 tahun 2022.

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si dan Dandim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto SE menunjukan naskah berita acara TMMD usai ditandatangani

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si mengecek kesiapan personil Satgas TMMD

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si menyerahkan alat kelengkapan kerja secara simbolis kepada para personel Satgas TMMD

Pembukaan TMMD ke 114 Tahun 2022 di Wilayah Kodim 0317/TBK di Desa Selat Mendaun Kecamatan Selat Gelam

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si selaku inspektur pelaksanaan upacara pembukaan TMMD ke-114 wilayah Kodim 0317/TBK menyalami komandan upacara

Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA., Msc dan Dandim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto SE

Ibu-ibu Persit Kartika Candra Kodim 0317/TBK

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos M.Si yang menjadi inspektur pelaksanaan upacara pembukaan TMMD ke-114 wilayah Kodim 0317/TBK, mengapresiasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 di Kabupaten Karimun Tahun 2022 yang dipusatkan di Kecamatan Selat Mendaun yakni di Desa Selat Mendaun dan Desa Parit.

“Sungguh merupakan kehormatan bagi kami memperoleh kesempatan menyampaikan sambutan pada acara penyelenggaraan pembukaan TMMD) ke-114 Tahun 2022 ini,” ucap Aunur Rafiq.

Ia menyampaikan, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI kepada masyarakat, yang merupakan sinergitas program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian/Lembaga Pemerintah, Pemerintah Daerah serta komponen lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah perdesaan.

TMMD dilaksanakan sebagai program pembangunan yang mengedepankan pembauran yang bersinergi antara TNI dengan masyarakat dalam menunjang keberhasilan pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan daerah pada khususnya.

“Penyelenggaraan kegiatan TMMD ini didanai melalui dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Karimun Tahun Anggaran 2022 dengan beberapa kegiatan fisik dan non fisik yang telah ditetapkan, sebagaimana kita ketahui bahwa tema kegiatan TMMD Tahun 2022 ini adalah “Tentara Manunggal Membangun Desa Dedikasi Membangun NKRI”. Dari Tema tersebut tergambarkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan strategis untuk mendukung tercapainya agenda nawacita khususnya poin ketiga yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Aunur Rafiq.

“Penyelenggaraan TMMD juga dapat memotivasi setiap unsur yang ada agar menyatukan semangat dan aksi demi Ibu Pertiwi dan demi masyarakat yang sejahtera berdikari sebagaimana tujuan dari TMMD ini adalah pemerataan pembangunan nasional untuk lebih sejahtera, adil dan gotong royong (Partisipatif) serta dalam rangka memperkuat. kemanunggalan antara TNI dengan Masyarakat. Bersama masyarakat TNI lebih kuat,” ucap Aunur Rafiq dalam sambutannya.

Disampaikannya program TMMD ini dilakukan, selain sebagai bentuk kepedulian TNI juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya luhur Bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari Pancasila, yaitu gotong royong, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong dalam membangun bangsa.

Semua bahu membahu, memberikan sumbangsih, baik materi, ide dan gagasan, tenaga maupun keterampilan yang dimiliki serta yang terpenting, TMMD ini merupakan salah satu upaya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, wawasan kebangsaan, meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman terorisme dan radikalisme yang dapat menggerogoti keutuhan Bangsa Kita.

Orang nomor satu di Bumi Berazam ini juga menyampaikan, pada Tahun 2022 ini di Kabupaten Karimun sudah tidak ada lagi desa yang dalam kategori desa tertingal bahkan saat ini terdapat 6 (enam) desa yang sudah dalam kategori desa mandiri, yaitu Desa Pangke, Desa Pangke Barat, Desa Pongkar, Desa Sei Ungar Utara, Desa Perayun, dan Desa Telaga Tujuh.

“Dan ini merupakan pencapaian dan keberhasilan kita semua dalam bekerjasama membangun Kabupaten Karimun yang kita cintai. Dengan adanya kegiatan TMMD ke 114 tahun 2022 dapat membangun aset desa yang rusak menjadi bagus lagi sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat silaturahmi persatuan dan kesatuan sehubungan hal tersebut bila perlu TMMD ini dilaksanakan bergantian antar desa sehingga desa yang belum maju menjadi maju,” ucap Aunur Rafiq.

Komandan Kodim (Dandim) 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto SE selaku Dan Satgas Kegiatan TMMD ke 114 tahun 2022 menyampaikan, TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa. Akan tetapi TMMD juga membangunkan semangat dan kemandirian masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

Dijelaskannya, pada TMMD ke-114 selain kegiatan sasaran fisik juga ada non fisik atau penyuluhan.

Untuk sasaran fisik adalah, semenisasi jalan pelabuhan sepanjang (130 m x 6 m) di Desa Selat Mendaun, semenisasi jalan Gg Masjid RT 03 RW 01 Desa Selat Mendaun sepanjang ( 430 m x 4 m).

Kemudian rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Selat Mendaun sebanyak 6 unit dan di Desa Parit 4 unit, pembuatan jamban sebanyak 10 unit di Desa Parit, dan 10 unit di Desa Selat Mendaun.

Sedangkan untuk sasaran non fisik terdiri dari penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pendidikan, penyuluhan narkoba.

Selain itu, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan keagamaan, penyuluhan pertanian/ketahanan pangan, penyuluhan KB kes/stunting, penyuluhan paham radikal dan teroris serta penyuluhan mitigasi bencana dan karhutla.

“Kita ingin masyarakat semakin sejahtera dan mandiri, kita juga berharap rakyat punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa oleh karena itu, mari kita bersama-sama melaksanakaan program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat, membangun dengan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal. Rakyat maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakat terpenuhi, sumber daya manusia makin berkualitas, mandiri, punya spritualitas tinggi, kreatif dan inovasi serta berkarakter kebangsaan yang kuat,” ujarnya.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan TMMD di Kabupaten Karimun ini. Saatnya kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian pada Ibu Pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan dinegeri ini,” ujar Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Agus Rediyanto. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy