Home BERITA UTAMASUMBARPARIAMAN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Buka Pojok Baca di Pasar Pariaman

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Buka Pojok Baca di Pasar Pariaman

by U & A.com
0 comment

PARIAMAN (U&A.com) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman, Sumatra Barat membuka Pojok Baca di Pasar Rakyat Kota Pariaman.

Pojok Baca ini bertujuan untuk memudahkan akses layanan pustaka kepada masyarakat. Pojok baca yang berada di lantai 4 Pasar Rakyat Kota Pariaman ini, dikemas secara apik, simpel dan menarik, agar menumbuhkan dan mengembangkan budaya baca pada generasi milenial dan masyarakat.

Kepala Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Setdako Pariaman, Nen Marni mengatakan, pojok baca ini dibuat untuk menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat, apalagi pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat.

Pasar rakyat Kota Pariaman yang baru saja ditempati ini, juga menarik kalangan masyarakat, mulai dewasa, generasi muda sampai anak-anak untuk berdatangan.

“Pojok baca ini bukan hanya sekadar pajangan saja, kita berharap masyarakat mulai dari orang dewasa, remaja dan anak-anak, dapat menikmati buku bacaan di Pojok Baca ini, yang dapat dikelola dan dimanfaatkan, sehingga dapat membangun budaya literasi daerah kita,” ujar dia, kepada Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman, melalui sambungan telepon, Rabu (31/3/2021).

Walaupun kata dia, Pojok Baca ini, tempatnya masih bersifat sementara dan belum tetap, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal, dengan harapan ke depan akan semakin meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), dan Nilai Tingkat Gemar Membaca Masyarakat (TGM) di Kota Pariaman.

Dia juga mengungkapkan bahwa, pihaknya telah meningkatkan status bagian menjadi dinas untuk Perpustakaan dan Kearsipan, karena dengan menjadi kedinasan, maka akan banyak bantuan yang daerah akan dapatkan.

“Kita juga sedang membidik bantuan untuk Pojok Baca Digital yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Nantinya di Pojok Baca Digital tersebut, dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang dibantu sepenuhnya oleh Perpusnas, serta dilengkapi dengan bantuan 3.000 lebih buku digital,” ungkap dia.

Pihaknya berharap Pojok Baca ini, dapat bermanfaat dan menarik masyarakat untuk gemar membaca. “Apalagi buku-buku yang disediakan di sini sangat beragam dan bermanfaat sekali, mulai dari buku bacaan anak-anak, remaja, sampai pengetahuan umum dan pengembangan usaha, juga yang lainnya,” tutur dia.

Pojok Baca ini juga merupakan salah satu wujud implementasi dari filosofi perpustakaan sebagai magnet baca bagi masyarakat, yakni perpustakaan yang menarik bagi para calon pembacanya.

“Pojok Baca ini akan dibuka setiap hari, mulai Senin sampai Minggu, 7 hari dalam seminggu, dengan jam operasional mulai pukul 8 pagi sampai 3 sore, mengingat kita masih berada dalam masa pandemi COVID-19,” tutup dia. (MC Kominfo Kota Pariaman/bj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy