Home BERITA UTAMA Dinsos Karimun Mulai Salurkan BLT BBM dan Sembako untuk 9.438 Penerima

Dinsos Karimun Mulai Salurkan BLT BBM dan Sembako untuk 9.438 Penerima

by U & A.com
0 comment

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq foto bersama dengan 9.438 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima  Bantuan Langsung Tunai BBM (BLT BBM) dan Bantuan Program Sembako 

KARIMUN (U&A) – Pemerintah Kabupaten Karimun Provinsi Kepri melalui Dinas Sosial dan Kantor PT POS Indonesia mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai BBM (BLT BBM) dan Bantuan Program Sembako untuk 9.438 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor PT Pos Indonesia Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, Kamis (15/9/2022) pagi.

Program ini merupakan kerja sama antara Pemkab Karimun Provinsi Kepri melalui Dinas Sosial (Dinsos) Karimun dengan PT. Pos Indonesia, dengan bantuan sebesar Rp. 500 ribu dengan rincian Rp. 300 ribu untuk BLT BBM dan Rp. 200 ribu untuk Bantuan Program Sembako untuk bulan September 2022.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq dalam sambutannya mengimbau kepada keluarga penerima manfaat untuk memanfaatkan kedua bantuan tersebut sebaik-baiknya.

“Manfaatkan bantuan yang bapak ibu terima pada hari ini sebaik-baiknya, gunakan sesuai kebutuhan dan tujuan disalurkannya bantuan ini. Seperti untuk membeli minyak goreng dan bahan pokok lainnya,” ucap Aunur Rafiq saat memantau langsung penyaluran BLT BBM Bantuan Program Sembako.

Turut hadir mendampingi Bupati Karimun, Ketua DPRD Kabupaten Karimun M Yusuf Sirat serta Sekda Kabupaten Karimun HM Firmansyah.

Bupati Karimun 2 periode ini juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Karimun juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,6 miliar akan dikeluarkan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak akibat kenaikan harga BBM.

“Dana itu diambil 2 persen dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil (DBH). OPD terkait sudah melakukan penghitungan ulang DAU dan DBH. Per kepala keluarga akan menerima bantuan sebesar Rp300 ribu,” kata Bupati Aunur Rafiq.

”Selain itu, alokasi 2 persen dari DAU dan DBH juga akan kita kita buat program dalam bentuk bantuan perlindungan sosial dalam bentuk operasi pasar atau bazar murah. Dengan adanya alokasi 2 persen ini kita berharap benar -benar bisa membantu masyarakat yang terdampak. Apalagi, bantuan juga ada dari pemerintah pusat,” paparnya.

Kepala Dinas Sosial, Muhammad Tang dan didampingi Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Irwandi Novri dalam laporannya menyampaikan, bahwasannya program penerima BLT minyak goreng dan Bantuan Sosial Sembako (BSS) di Kabupaten Karimun menyasar sebanyak 9.438 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyampaikan arahan

Ketua DPRD Karimun menyerahkan bantuan BLT

Sekda Karimun HM Firmansyah menyerahkan bantuan BLT

Kepala Kantor Pos Karimun menyerahkan bantuan BLT

Dia merincikan, masyarakat kerap salah memahami bantuan BLT.

“Bantuan akan diberikan untuk empat bulan yaitu bulan September, Oktober, November dan Desember tahun 2022, dengan nilai sejumlah Rp 150 ribu KPM per bulan, sehingga total bantuan sebesar Rp 600 ribu per KPM.

Untuk waktu penyaluran dilaksanakan dalam 2 kali penyaluran, tahap pertama dibagikan pada bulan September sebesar Rp 300 ribu per KPM kemudian dilanjutkan pada tahap kedua dengan nilai yang sama yang direncanakan akan dibagikan pada bulan Desember 2022,” jelasnya.

Muhammad Tang menyampaikan, Penyaluran bantuan dilakukan secara serentak di kantor PT Pos Indonesia yang ada di Jalan Pramuka, Kecamatan Karimun bagi KPM di Kecamatan Karimun, Tebing, Selat Gelam dan Buru.

Adapun kantor Pos tempat pencairan BLT Migor dan Bantuan Sosial Sembako adalah Kantor cabang PT Pos Indonesia di Kecamatan Meral bagi KPM di Kecamatan Meral dan Meral Barat.

Kantor cabang PT Pos Indonesia di Kecamatan Kundur bagi KPM di Kecamatan Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Belat dan Ungar. Selanjutnya di kantor cabang PT Pos Indonesia di Kecamatan Moro bagi KPM di Kecamatan Moro, Durai dan Sugi Besar.

Lebih lanjut Muhammad Tang menyampaikan, Status Bansos Sembako BPNT dan BLT BBM yang totalnya Rp 500 ribu dapat dicek di cekbansos.kemensos.go.id menggunakan data KTP yang berlaku.

Pemilik KTP yang terdaftar di link cekbansos.kemensos.go.id berhak mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu bulan September 2022. Rincian bantuan adalah Rp. 300 ribu untuk BLT BBM dan Rp. 200 ribu untuk Bantuan Program Sembako untuk bulan September 2022.

Cara cek status bantuan Bansos Sembako BPNT Rp200 ribu dengan sibsidi Rp300 ribu BLT BBM adalah sebagai berikut:

1. Buka link online cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.

4. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.

5. Tekan tombol ‘Cari Data’.

Data pemilik KTP yang termuat di laman cekbansos.kemensos.go.id merupakan kelompok masyarakat yang berhak dapat Bansos Sembako BPNT dan BLT Minyak Goreng Rp500 ribu bulan September 2022.

Pemilik KTP atau masyarakat yang tidak terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id bisa lakukan daftar penerima di aplikasi Cek Bansos agar masuk dalam DTKS Kemensos agar diusulakan menjadi penerima bantuan. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy