Home DESAKU FOTO : Danlantamal IV Resmikan Kampung Bahari Nusantara Desa Jang Moro

FOTO : Danlantamal IV Resmikan Kampung Bahari Nusantara Desa Jang Moro

by U & A.com
0 comment

Foto bersama di tulisan ‘Welcome to Desa Jang’

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han menggunting pita

KARIMUN (U&A.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han bersama Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos, M.Si meresmikan Kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Karimun di Desa Jang Kec. Moro Kab. Karimun, Jumat (22/1/2021).

Danlantamal IV dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini sebagai implementasi pelaksanaan tugas TNI sebagaimana yang tertuang dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) Pasal 7 Ayat 2b Poin 8, yaitu Memberdayakan Wilayah Pertahanan dan Kekuatan Pendukungnya.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han menyampaikan sambutan

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos, M.Si menyampaikan sambutan

“Maka dari itu, Lantamal IV akan terus berupaya membangun kerja sama yang baik dan memperhatikan tingkat harmonis dengan masyarakat. Ini untuk seluruh elemen , baik dengan Pemerintah Daerah maupun dengan masyarakat. Ini guna menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta memperdalam dengan melaksanakan program peningkatan sumber daya manusia serta sumber daya alam dengan melaksanakan program penyuluhan, peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat,” kata Danlantamal Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto.

Kegiatan kunjungan kerja (kunker) Danlantamal IV ke Kabupaten Karimun memiliki beberapa rangkaian, di antaranya Pencanangan Desa Jang Kecamatan Moro sebagai Kampung Bahari Nusantara, Penandatanganan Prasasti KBN, dan pemberian bantuan oleh TNI-AL berupa Paket Sembako, alat kesehatan, paket buku bacaan dan alat olah raga.

“Kita berharap melalui kegiatan ini akan semakin mempererat hubungan antara TNI dalam hal ini Lantamal IV dengan seluruh komponen masyarakat, terlebih masyarakat Desa Jang Kecamatan Moro. Ini guna membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa, “ujar pucuk pimpinan di Lantamal ujung barat NKRI itu.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han didampingi Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han menyerahkan tali asih bantuan

Sementara itu, Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Maswedi mengatakan Pencanangan kampung Bahari di Desa Jang Kecamatan Moro merupakan realisasi nyata dari TNI AL dimana Kasal telah memerintahkan untuk pembinaan kampung nelayan agar dilaksanakan oleh tiap Lanal.

“Karimun memiliki potensi sumber daya alam yang besar, khususnya di sektor Kelautan dan Perikanan seperti pengolahan produksi rumput laut menjadi Colagen.selain itu Desa Jang memiliki potensi wisata yang patut untuk terus dikenalkan ke daerah luar terutama tradisi permainan rakyat Perahu Jong yang dapat menjadi minat wisatawan,” ujar Letkol Laut (P) Maswedi.

Danlanal juga mengapresiasi pengelolaan rumput laut yang dikelola dan dikembangkan oleh Azlan di Desa Jang yang mengolah rumput laut menjadi cologen. “Budidaya rumput laut yang dikelola oleh Azlan bekerja sama dengan warga Desa Jang, sekarang malah dijadikan sebagai bahan baku untuk produksi minuman colagen, sejenis minuman yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kekayaan alam dan sumberdaya manusia yang ada di Desa Jang tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja, harus terus dikembangkan hingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat disana,” terang Maswedi.

Foto bersama di depan taman baca Desa Jang

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han didampingi Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq dan Forkominda Karimun

Sementara Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Karimun memiliki potensi sumber daya laut salah satunya yang ada di Desa Jang Kecamatan Moro yang kaya akan rumput laut.

“Alhamdulillah, Desa Jang binaan Lanal Karimun ini sudah diresmikan sebagai kampung bahari nusantara dan diharapkan dapat menjadi dusun mandiri serta sejahtera,” kata Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq.

Ia mengatakan, Desa Jang Kacamatan Moro ini memiliki berbagai potensi laut seperti sektor budi daya rumput laut yang dioleh menjadi cologen, ikan kerapu dan hutan mangrove. Itu semua bisa menjadi potensi wisata baru di negeri Bumi Berazam ini.

“Saat ini, tinggal bagaimana mengatur manajemen Desa Jang ini dalam mengelola potensi sumber daya kelautan dan rumput laut untuk peningkatan ekonomi warga daerah ini,” ujarnya.

Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Maswedi bersama Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan SIK

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq bersama Forkominda Karimun

Selain itu, dalam menunjang pariwisata, tradisi permainan rakyat Perahu Jong serta tentunya kuliner bisa menjadi daya tarik tersendiri dengan harapan warga Desa Jang bisa mengolah hasil ikan, kepiting, dan kerang menjadi cita rasa yang berbeda dari daerah lainnya. “Kalau sudah menjadi tujuan destinasi wisata baru, jangan menjual minuman keras dan jaga selalu kebersihan,” katanya.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq berharap dengan diresmikannya Kampung Bahari Nusantara Desa Jang dapat lebih mengoptimalkan program pemerintah dalam memberdayakan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat nelayan di desa ini.

Hadir dalam kegiatan kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Karimun di Desa Jang Kec. Moro diantaranya Forkominda Karimun yakni Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Maswedi, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, SIK, Komandan Kodim (Dandim) 0317/Tanjung Balai Karimun (TBK), Letkol Inf Denny dan sejumlah tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta kepala desa.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han memberikan arahan kepada prajurit Lanal Karimun

Danlantamal Sampaikan Pesan
Kegiatan kunjungan kerja (kunker) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., didampingi oleh Ketua Korcab IV DJA I Ny. Helena Indarto Budiarto juga diisi dengan berbagai kegiatan, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Lanal Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK), Kamis (21/01/2021).

Dalam Kunker tersebut Danlantamal IV berkesempatan bertatap muka dengansegenap Prajurit dan PNS Lanal TBK dan gowes bareng bersama pejabat Forkopimda Karimun serta segenap Prajurit dan PNS Lanal TBK.

Dalam pengarahannya Danlantamal mengatakan ”Didalam masa pandemic Covid-19 kita tetap senantiasa menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatanyng disiplinkarena hanya dengan cara tersebut untuk mencegah penyebarabn Covid-19”, tuturnya.

Danlantamal IV juga menambahkan”Untuk pemberian vaksinasi Covid-19 jangan takut karena beberapa minggu yang lalu saya bersama Forkopimda Provinsi Kepri sudah divaksin dan ternyata sampai saat ini saya masih tetap sehat tidak ada efek sampingannya”, sebutnya.

Masalah Narkoba jangan sekali-kali untuk mencobanya, karena kalau sudah mencobanya dan terjerumus kedalamnya, tidak akan bisa keluar dari lingkaran itu, dampaknya terhadap keluarga dan kedinasan, juga penggunaan Medsos yang bijak, tidak usah berkomentar yang tidak baik dan jangan mengunggah video yang dapat merusak citra TNI Angkatan Laut”, jelasnya.

Tetap semangat, jaga citra TNI Angkatan Laut di Tanjung Balai Karimunserta selalu bersinergi dengan instansi apapunsehingga menjadi solid dan menjadi kebanggaan bagi satuan dan daerah masing-masing”, pungkasnya.

Gowes bareng tersebut start dari Mako Lanal TBK dan finish di Pos Angkatan Laut (Posal) Leho dengan jarak tempuh sejauh 9 Km.

Hadir pada acara kunjungan kerja tersebut Aspotmar Danlantamal IV Kolonel Laut (KH) Ambar Suwardi, S.H., Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Syafruddin Amir, S.Ag., Danpom Lantamal IV Letkol Laut (PM) Dedy Ary Yuanto, S.A.P. M.Tr.Opsla., Kadispen Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay, Ketua Korcab IV DJA I Ny. Helena Indarto Budiarto beserta pengurus Korcab IV DJA I. (@dispen_lantamal iv). (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy