Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Jelang Debat Publik Kedua, ARAH Optimis Ungguli Rival

Jelang Debat Publik Kedua, ARAH Optimis Ungguli Rival

by U&A
0 comment

Ayo Datang ke TPS Coblos No 1

KARIMUN (U&A.com) – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq – Drs H Anwar Hasyim (ARAH) menyatakan kesiapannya jelang debat publik terbuka Kedua di Pilkada Karimun pada Minggu (8/10/2020).

Debat putaran kedua sendiri akan diselenggarakan untuk calon bupati dengan tema ‘Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih’ dengan subtema Pelayanan Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, Kepastian Hukum bertempat di Ballroom Hotel Aston Karimun.

Ketua Tim Pemenangan ARAH, Yusuf Sirat, mengatakan, persiapan sudah dilakukan oleh pasangan calon nomor urut satu tersebut. Menurutnya, semua materi debat sudah tersedia dan disiapkan dengan matang.”Materi sudah siap, intinya kita persiapkan dengan baik,” kata Yusuf Sirat kepada U&A.com, Sabtu (7/10/2020).

Aunur Rafiq saat memberikan keterangan pers usai debat pertama

Yusuf juga optimis bahwa calon Bupati petahana Aunur Rafiq, sudah sangat menguasai materi dan isu yang disodorkan. Menurutnya, Aunur Rafiq yang memiliki pengalaman 15 tahun memimpin Kabupaten Karimun, akan bisa lebih unggul dibanding lawannya. “Optimis sekali kalau memang Pak Rafiq dan Pak Anwar Hasyim sudah menguasai isu debat nantinya,” ucapnya.

Senada, Calon Bupati Karimun Dr H Aunur Rafaiq menyatakan, strategi sudah disusun dengan baik. Pihaknya optimis bakal bisa unggul dari rivalnya dalam debat putaran pertama.”Semuanya sudah kita persiapkan,” kata Aunur Rafiq.

Di sisi lain, Tim Pemenangan ARAH dari Partai Nasdem, Prisman Lalela, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan teknis untuk debat tersebut bersama dengan KPU Karimun beberapa waktu lalu. Hal itu juga berkaitan dengan tema debat yang akan disodorkan dalam putaran kedua kali ini.

“Kalau kita jelas optimis dan tidak pernah takut menghadapi debat nanti. Toh, tema debat nanti sudah menjadi keseharian yang rutin dilaksanakan dalam masa kepemimpinan Bapak Aunur Rafiq,” ujar Prisman.

Diakui Prisman, akan ada tim sendiri yang mengurusi soal perumus debat. Pada intinya, penguasaan materi oleh pihaknya dirasa sudah sangat mumpuni.

Keyakinan tersebut juga ditegaskan oleh Prisman, yang mengaku telah berkoordinasi terus dengan tim terkait debat besok. Ia optimis akan menguasai jalannya debat karena persiapan yang telah matang jauh-jauh hari. “Intinya, kami sudah siap. Kami juga ada tim untuk debat ini, terus kita koordinasikan lagi, optimis unggul,” tegas Prisman.

Ketua KPU Karimun Eko Purwondoko, mengatakan tema dalam setiap debat publik terbatas memang akan berbeda di setiap putarannya. Namun tema besar itu nantinyabakan tetap disesuaikan dengan penambahan strategi dari masing-masing pasangan calon terkait penanggulangan dampak pandemi Covid-19.

“Memang berbeda setiap putaran tapi temanya akan dikaitkan dengan penanganan setiap paslon untuk merespon pandemi Covid-19,” kata Eko.

Menurut Eko, dampak yang dirasakan oleh semua sektor kehidupan masyarakat akibat pandemi Covid-19 menjadi salah satu hal penting untuk dibicarakan penanganannya. Nanti strategi dari masing-masing paslon akan khususkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diberikan di dalam setiap tema tergantung di masing-masing putaran.

Eko menuturkan bahwa pelaksanaan debat publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan dilangsungkan secara terbatas saja. Perwakilan yang ikut hadir juga mendapat pembatasan yakni hanya diperbolehkan lima unsur saja.

Lima unsur itu terdiri dari masing-masing paslon, Komisioner KPU Kabupaten Karimun, Komisioner Bawaslu Karimun, perwakilan tim kampanye dan moderator. Merespon hal itu, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk tidak perlu ragu untuk menyaksikan lewat tayangan televisi lokal atau live streaming.

“Pembatasan ini sebagai bagian dari protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Antisipasi kita agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi lebih susah untuk diatur,” ucap Eko. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy