Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Jelang ‘RESHUFFLE’ Pejabat Pemkab Karimun | Sejumlah Nama Menguat

Jelang ‘RESHUFFLE’ Pejabat Pemkab Karimun | Sejumlah Nama Menguat

by U & A.com
293 views

KARIMUN (U&A.com) – Kabar kocok ulang atau Reshuffle pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau dibawah pemerintahan Dr H Aunur Rafiq- H Anwar Hasyim (ARAH) berhembus kencang menjelang akhir tahun 2021 ini. Sejumlah nama mencuat sejak beberapa hari terakhir.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq sempat mengatakan reshuffle kabinet akan terjadi pada pertengahan bulan Desember 2021 ini untuk pejabat eselon II, III, dan IV.

“InsyaAllah pertengahan bulan Desember ini kita umumkan. Untuk pejabat eselon II akan kita lakukan open biding tapi untuk eselon III dan IV akan kita lanjut umumkan segera,” ucap Aunur Rafiq usai pengesahan APBD Karimun 2022 di gedung DPRD Karimun, Senin (29/11/2021) lalu.

Bupati 2 periode ini sempat menginsyaratkan akan mengumumkan jabatan eselon II atau posisi 5 kepala OPD terlebih dahulu yang saat ini dijabat oleh plt karena kepala dinasnya sudah memasuki masa pensiun seperti Kepala Dinas Pendidikan Bakri Hasyim, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, Sensissiana, serta dua orang staf ahli Bupati, yakni Zamri dan Sukari.

Berdasarkan narasi yang berkembang belakangan ini, sejumlah nama pejabat disebut akan menempati jabatan atau posisi baru baik yang di promosikan menduduki jabatan kepala dinas.

Kepala Bagian Protokol dan RT Dwiyandri Kurniawan SE M.M disebut-sebut akan menembanti jabatan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tipe A yang telah berubah nama menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tipe A, menggantikan Dra Hj Sensissiana M.Si yang memasuki masa pensiun.

Kemudian untuk jabatan Kepala Dinas Pendidikan Tipe A yang telah berubah nama menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tipe A disebut-sebut akan diisi oleh Kepala BPKAD Dr Abdullah S.Sos M.Si atau Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sugianto S.S M.M .

Sedangkan untuk jabatan 2 staf ahli yakni Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Ir Hazmi Yuliansyah M.Si dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan & SDM H Zamri S.Sos M.AP yang memasuki masa pensiun santer bakal ditempat oleh sejumlah nama diantaranya Dr M.S Sudarmadi S.Pd MM yang saat ini menjabat sebagai Kepala BPKSDM.

Sementara untuk pelantikan pejabat eselon III dan IV berdasarkan narasi yang berkembang bakal terjadi ‘bersih-bersih’. “Sepertinya bakal banyak yang digeser dan bergeser,” ucap sumber U&A.com.

U&A.com sudah berusaha mengonfirmasi info terkait terhadap nama-nama yang diisukan tersebut. Hingga berita ini dipublikasi, redaksi belum mendapat respons dari pihak terkait.

Bupati Karimun H Aunur Rafiq menegaskan, mengatakan promosi, rotasi dan mutasi di pemerintahan adalah hal yang lumrah dan biasa. “Promosi sebagi bentuk penghargaan dan apresiasi, sedangkan rotasi sebagai upaya untuk melakukan penyegaran dan harus siap menghadapi tantangan baru,” ujar nya.

Ia menjamin bahwa Reshuffle pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun tidak ada transaksional. Semua dilakukan berdasarkan penilaian dan kinerja yang telah dilakukan.

“Pastinya kita selalu berpedoman dan mengoptimalkan penerapan sistem meritokrasi dalam bentuk kebijakan manajerial Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN). Meritokrasi adalah sistem yang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi, bukan kekayaan, senioritas, dan sebagainya,” tegas Aunur Rafiq.

Uji kompetensi juga menjadi instrumen penilaian dan basis indikator penempatan ASN dalam suatu jabatan. Hasil seleksi dari uji kompetensi nantinya boleh di akses publik. Hal ini dilakukan untuk mencegah praktek jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Karimun.

Aunur Rafiq menjelaskan,”maka di sini ada pakta integritas, ada indeks kerja utama, baik dari Kepala Daerah, maupun personal yang ada di lingkungan Pemkab Karimun,” tuturnya.

Bahkan, kata Aunur Rafiq, Berkat penerapan kebijakan meritokrasi yang optimal membuat Pemkab Karimun berhasil meraih anugerah meritokrasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) 2021.

“Tanggal 7 Desember 2021 kami diundang ke Surabaya untuk menerima penghargaan terkait implementasi meritokrasi sistem pada tata kelola ASN,” tutur Aunur Rafiq di rumah dinas Bupati Karimun, Sabtu (4/12/2021).

Ia menyampaikan, penghargaan tersebut diterima lantaran pihaknya mampu mengembangkan dan menerapkan meritokrasi dengan optimal.

Adapun anugerah meritokrasi KASN 2021 itu akan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN dan RB) Tjahyo Kumolo dan Ketua KASN Agus Pramusinto. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy