Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN “Karimun Bangkit, Karimun Sehat”

“Karimun Bangkit, Karimun Sehat”

by U & A.com
0 comment

* Buka Forum SKPD Karimun 2022, Ini Sambutan dan Arahan Bupati Karimun

KARIMUN (U&A.com) – Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos, M.SI membuka acara Koordinasi pelaksaan Forum SKPD lintas SKPD tahun 2022 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023 di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Karimun, Rabu (2/3/2022).

Dalam sambutannya, Aunur Rafiq menegaskan bahwa penyusunan rencana kerja haruslah sesuai dengan visi misi kepala daerah khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang aktual serta mampu mengindetifikasi isu-isu pembangunan lainnya untuk pembangunan daerah di tahun 2022.

” Perencanaan yg transparan menjadi tolak ukur dalam pembangunan daerah dan diharapkan kepada OPD agar lebih kreatif dalam rangka pemulihan ekonomi serta percepatan pencapaian pembangunan, ” ujarnya

Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Karimun H Aunur Rafiq dan Sekda Karimun HM Firmansyah serta Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirat serta Kepala Bapelitbangda Kabupaten Karimun, Drs. H. Fajar Horison Abidin. M.Si dan kepala OPD terkait serta Camat se Kabupaten Karimun serta para kasubag perencanaan masing-masing SKPD lingkup Pemkab Karimun ini bertujuan untuk penyampaian RKPD untuk tahun 2023 dan merumuskan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Berikut pidato sambutan dan arah dari Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos, M.Si :

Assalammu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Selamat pagi, salam sejahtera serta salam sehat bagi kita semua

Yth. saudara Ketua DPRD Kabupaten Karimun;
Yth. saudara Wakil Bupati Karimun;
Yth. Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun;
Yth. para Staf Ahli, para Asisten, Kepala skpd, Kepala Bagian, dan Camat Se- Kabupaten Karimun;
Yth. rekan – rekan Pers serta para undangan yang berbahagia,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunianya pada hari yang berbahagia ini, kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk dapat hadir pada acara “Forum SKPD/lintas SKPD Kabupaten Karimun Tahun 2022” dalam keadaan sehat wal’afiat. Sholawat beriring salam kita hadiahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat, semoga kita senantiasa mendapatkan syafaatnya di yaumul akhir nanti…, Allahumma sholli ‘aala syaidinna Muhammad, wa’alaa aalihi syaidinna Muhammad.

Hadirin yang berbahagia,

Forum SKPD merupakan wadah untuk menyelaraskan usulan partisipasitif seluruh stakeholder pada tingkat kecamatan dengan teknokratik SKPD dalam perencanaan pembangunan daerah.

Kegiatan forum SKPD yang kita laksanakan hari ini, sebelumnya telah diawali dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat kelurahan/desa dan Musrenbang tingkat kecamatan, dan merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan setiap tahunnya sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017.

Di samping itu, Forum SKPD memiliki fungsi strategis dan penting, karena itu dalam forum SKPD ini mari kita bersama-sama mensinkronkan dan merumuskan usulan prioritas pembangunan yang dihasilkan dari musrenbang kecamatan.

Usulan tersebut akan menjadi bagian dari rencana kerja SKPD sekaligus menjadi dasar bagi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Karimun untuk tahun 2023. dengan demikian, melalui Forum SKPD Kabupaten Karimun tahun 2022 ini, dokumen perencanaan yang didukung tema pembangunan tahun 2023 yaitu “Peningkatan Ekonomi melalui Pembangunan Infrastruktur yang Berkeadilan dan Sumber Daya Manusia yang unggul” dengan tagline “Karimun Bangkit, Karimun Sehat” dapat terwujud dan menjadi bagian pencapaian visi dan misi Kabupaten Karimun.

Tagline “Karimun Bangkit, Karimun Sehat” dapat dimaknai bahwa Kabupaten Karimun harus optimis bisa bangkit dari dampak yang diakibatkan oleh hantaman pandemi covid-19 yang terjadi beberapa tahun ini, dapat membangkitkan kembali pertumbuhan dan geliat ekonomi, membangkitkan kembali laju pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia yang unggul.

Hadirin yang berbahagia.

Untuk terlaksananya penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel, efisien dan efektif di bidang perencanaan pembangunan daerah, perlu didukung dengan tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah, yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi rencana daerah dilakukan dengan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, bottom-up dan top-down yang akan diimplementasikan kedalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Usulan rencana program dan kegiatan pembangunan diinput ke dalam aplikasi SiPD dengan tahapan dan alur yang jelas sehingga seharusnya tidak ada lagi rencana kegiatan pembangunan yang dilaksanakan diluar dari mekanisme perencanaan yang ada.

Oleh karena itu, saya mengharapkan seluruh mekanisme dan tahapan penyusunan perencanaan benar-benar menjamin keterlibatan semua elemen masyarakat dalam menyampaikan saran dan usulan dalam penyusunan perencanaan pembangunan di Kabupaten Karimun ini.

Persoalan yang dihadapi dalam proses perencanaan pembangunan adalah disaat menentukan pilihan program dan kegiatan prioritas yang akan didahulukan pelaksanaan pembangunannya. Karena disisi lain, kita dihadapkan dengan kemampuan keuangan daerah yang terbatas. Namun perlu saya tekankan bahwa besar atau kecilnya anggaran bukan sebagai penentu suksesnya sebuah program dan kegiatan, tetapi yang lebih penting adalah seberapa besar dampak dan nilai manfaat terhadap hasil pembangunan dari program dan kegiatan tersebut.

Hadirin yang berbahagia,

Terjadinya berbagai dinamika perubahan, peristiwa penting, isu-isu strategis di tingkat daerah yang perlu mendapat perhatian, mengharuskan kita untuk senantiasa bersikap responsif, adaptif serta inovatif dalam menganalisa rumusan kekuatan dan peluang, juga mengetahui berbagai kelemahan dan tantangan Kabupaten Karimun saat ini dan ke depan.

Diantara isu-isu strategis yang perlu mendapat perhatian, diantaranya:

1. Masih mewabahnya pandemi Covid-19 dengan munculnya berbagai varian dari virus Covid-19 tersebut, berdampak langsung terutama pada sektor kesehatan, perekonomian dan pendidikan.
2. Pembangunan infrastruktur di pulau-pulau yang belum merata.
3. Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM sebagai penopang perekonomian perlu terus dibina kearah umkm yang kreatif dan inovatif.
4. Pelayanan kesehatan belum merata khususnya untuk daerah pulau dengan aksesibilitas yang terbatas.
5. Perlunya konektivitas antar pulau untuk menunjang aktivitas ekonomi masyarakat.
6. Subsektor perikanan, perkebunan dan tanaman pangan adalah subsektor utama yang perlu dikembangkan sebagai penopang kegiatan produksi rakyat.
7. Perlunya mewujudkan tata kelola pemerintahan baik serta reformasi birokrasi.

Di samping itu, kita perlu menetapkan prioritas pembangunan sesuai dengan sumberdaya dan kemampuan anggaran kita untuk penyelesaian permasalahan serta merespon isu-isu strategis tersebut. dengan keterbatasan yang kita miliki, tentunya tidak mungkin seluruh permasalahan yang ada dapat diselesaikan dalam waktu yang sama melalui pelaksanaan satu tahun anggaran pembangunan. oleh sebab itu, perlu menetapkan Prioritas Pembangunan pada tahun 2023, yaitu sebagai berikut :
1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang berkeadilan melalui pemberdayaan umkm dan penguatan ketahanan pangan.
2. Meningkatkan infrastruktur yang merata dan berkeadilan untuk pertumbuhan ekonomi dan pelayanan dasar.
3. Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing melalui penguatan kesehatan, pendidikan dan ketenagakerjaan.
4. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Hadirin yang saya muliakan

Pembahasan pada Forum skpd ini dilakukan dalam rangka menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2023. Karena itu pembahasan harus dilakukan dengan fokus, sehingga arah pembangunan kabupaten karimun akan mendukung mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Karimun.

Hal penting lainnya dalam pembahasan adalah perlunya perhatian akan kewenangan yang dimiliki, baik kabupaten, provinsi mapun pusat. Selain itu, mengingat terbatasnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Karimun maka diminta kepada seluruh SKPD agar dapat berpikir kreatif dengan mengejar sumber pendanaan yang tersedia pada APBD Provinsi maupun APBN. Namun diingatkan bahwa upaya ini harus dilakukan sesuai dengan koridor dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hadirin yang berbahagia,

Demikian yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini dengan harapan dapat digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan Forum SKPD Tahun 2022 ini. Saya mengingatkan kembali kepada seluruh kepala SKPD untuk dapat mengikuti diskusi atau desk dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

Anak nelayan memancing ikan
Dibawah sinar terang rembulan
Usulan kecamatan telahpun diajukan
Tolong diprioritaskan, jangan sampai ketinggalan

Kurus badan kuranglah makan
Kalaulah sakit minumlah obat
Pembangunan tetap harus dilanjutkan
Agar karimun bangkit, karimun sehat

Akhirnya dengan memohon ridho kepada Allah swt, seraya dengan mengucapkan Bismillahirrahmannirrahim, acara Forum skpd/lintas skpd Kabupaten Karimun tahun 2022 dengan ini secara resmi saya nyatakan dibuka, semoga allah swt melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua.

Wabillahi taufiq wal hidayah
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tanjung Balai Barimun, Maret 2022
Bupati Barimun

 

Dr. H. Aunur Rafiq, S.sos, M.si

(hJ)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy