Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN KODIM 0317/TBK Gesa Vaksinasi Covid-19 Gurindam 12 ‘Door to Door’

KODIM 0317/TBK Gesa Vaksinasi Covid-19 Gurindam 12 ‘Door to Door’

by U & A.com
0 comment

Dandim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto meninjau langsung vaksinasi door to door bersama Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq memberitkan keterangan pers

KARIMUN (U&A.com) – Sebagai upaya penanganan pandemi Covid-19, KODIM 0317/TBK hari ini menggelar vaksinasi Covid-19 bagi pelajar dan masyarakat yang diselenggarakan terpusat dari rumah ke rumah (door to door) di Paya Lebar Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, Sabtu (4/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Dandim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto meninjau langsung bersama Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq didampingi Kepala Dinas Kesehatan Rachmadi.

Agus Rediyanto mengatakan, belajar dari pengalaman Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditambah dengan vaksinasi masif telah berdampak pada turunnya angka kasus positif dan angka kematian, hal ini memberikan sinyal dan harapan bahwa vaksinasi menjadi salah satu kunci utama dalam penanggulangan Covid-19.

“Vaksinasi door to door ini kaitannya dengan upaya kita terhadap capaian vaksinasi di Karimun dengan turun langsung ke daerah yang dinilai masih kurang capaian vaksinasinya,” ujar Dandim Agus.

Dandim Agus menyampaikan, program tersebut bertujuan untuk memudahkan warga yang dinilai sulit terjangkau program vaksinasi karena berada jauh dari puskesmas atau posko vaksinasi.

Dandim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto menyerahkan bantuan paket sembako Covid-19 kepada warga Paya Lebar Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral

Sementara untuk menentukan daerah yang menjadi sasaran, kata dia, pihaknya lebih dulu melakukan analisa. “Kita turun langsung untuk mendorong capaian vaksinasi dan daerah yang warganya belum banyak divaksinasi itu yang akan kita turunkan tim vaksinator agar tepat sasaran,” kata Agus.

Agus menjelaskan, metode vaksinasi yang dipakai dan diterapkan Kodim 0317/Tbk dilakukan secara door to door, sama seperti pola yang dilakukan oleh Badan Inteligen Negara (BIN) serta mengadopsi cara yang dilakukan beberapa negara.

Metode itu, kata dia, telah mampu meningkatkan paritisipasi vaksinasi, karena bisa menjangkau keluarga yang tidak memiliki akses dan takut keluar rumah demi mencegah tertular Covid-19.

Agus berharap upayanya ini bisa membentuk target herd immunity untuk Karimun sehat dan Indonesia hebat dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq memuji program vaksinasi Covid-19 door to door atau dari rumah ke rumah yang digelar oleh Kodim 0317/TBK. Ia berharap layanan itu terus dilanjutkan ke seluruh wilayah dan bisa menjangkau sampai ke pulau-pulau..

“Kami sangat mengapresiasi program door to door, karena ini memang adalah jemput bola mendatangi masyarakat. Datang ke kampung-kampung kemudian masyarakat langsung di vaksin di rumah masing-masing,” tutur Aunur Rafiq.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan sebuah layanan yang baik kepada masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19. “Kita harapkan program yang dilakukan BIN ini betul-betul bisa berjalan dengan baik dan sesuai rencana,” ujar Aunur Rafiq.

Kemudian, Aunur Rafiq juga menyampaikan, saat ini, target vaksinasi door to door Kodim 0317/Tbk juga menyasar pelajar. Ia menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di wilayahnya tuntas pada bulan Oktober 2021 dan mengajak semua pihak mendukung serta mendorong realisasi vaksinasi pelajar sehingga Pembelajaran Tatap Muko (PTM) bisa dilaksanakan segera.

“Targetnya semoga bulan depan bisa 100 persen. Saat ini dari sasaran 24.274 dosis vaksin pelajar, untuk dosis 1 sudah mencapai 15.860 dengan pencapaian 65,34 %, sementara untuk dosis 2 sudah mencapai 5.431 dengan pencapaian 23,30 %,” ujar Aunur Rafiq.

Rafiq menyampaikan, untuk ketersedian vaksin pelajar saat ini mencukupi dan tidak ada kendala dan saat ini pelaksanaan vaksinasi pelajar sedang berjalan lewat program vaksin ‘Gerai Vaksin Presisi Polres Karimun Goes To School’ dan program serbuan vaksinasi Gurindam 12 Kodim 0317/TBK kerjasama dengan Dinas Kehatan Kabupaten Karimun.

“InsyaAllah untuk dosis 1, minggu depan sudah bisa mencapai 100 % dan kita optimis untuk dosis 2 di bulan Oktober sudah bisa mencapai 100 % juga. Jika mayoritas pelajar dan tenaga pengajar sudah divaksin, makan harapan pembelajaran tatap muka (PTM) berkesempatan besar dilakukan,” ucap Aunur Rafiq. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy