Home BERITA UTAMASUMBARPARIAMAN Kota Pariaman Berpotensi Untuk Pengembangan Tanaman Bawang Merah

Kota Pariaman Berpotensi Untuk Pengembangan Tanaman Bawang Merah

by U & A.com
0 comment

PARIAMAN (U&A.com) – Seperti yang kita ketahui bersama saat ini harga bawang merah di Kota Pariaman naik drastis, apalagi dalam bulan puasa dan menjelang hari lebaran idul fitri, ditambah lagi dengan kebutuhan masyarakat terhadap komoditi bawang merah ini sangat tinggi.

Untuk Kota Pariaman sudah ada masyarakat yang menanam bawang merah di lahan mereka sendiri, di antaranya ada di daerah Jati, Manggung, Cimparuah, Sei. Rotan, dan daerah lainnya.

Terkait hal tersebut diatas Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Pariaman Dasril menyebutkan, bahwa Kota Pariaman cukup mempunyai potensi untuk pengembangan bawang merah.

“Kami dari dinas DP3 sangat mendukung sekali terhadap apa yang dilakukan oleh para masyarakat petani bawang merah ini, karena pengembangan bawang merah bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani yang ada di Kota Pariaman ini,” ujar Dasril ketika melakukan kegiatan pemantauan lahan salah seorang petani bawang merah yang berada di Sei. Rotan.

Dasril menjelaskan, beliau akan selalu mendorong dan memotivasi masyarakat petani lainnya untuk bisa mengembangkan tanaman bawang merah ini, sehingga masyarakat Kota Pariaman tidak akan tergantung lagi dengan daerah-daerah lain apabila terjadi lonjakan harga di pasaran.

“Potensi pengembangan tanaman bawang merah ini cukup bagus untuk dilakukan, karena dapat tumbuh subur di daerah yang curah hujannya tidak terlalu tinggi, dan masa panennyapun tidak lama hanya sekitar 60 sampai 70 hari saja, serta memiliki nilai ekonomi tinggi,” ungkap Dasril.

Beliau menerangkan, pihaknya dari DP3 akan selalu siap mendampingi dan membantu memberi saran sekaligus prasarana, serta inovasi tekhnologi yang berkaitan dengan pengembangan bawang merah secara maksimal kepada masyarakat petani bawang merah.

“Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut, karena maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan keanekaragaman budidaya tanaman sawah, yang tidak hanya padi-padian saja akan tetapi ada alternatif lainnya untuk menanam holtikultura diantaranya tanaman bawang merah ini,” pungkas Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Pariaman, Kamis (15/4/2021). (MC Kominfo Kota Pariaman/bj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy