Home DESAKU ADVETORIAL : Lantik 5 Kades Terpilih | INI 10 PESAN BUPATI KARIMUN

ADVETORIAL : Lantik 5 Kades Terpilih | INI 10 PESAN BUPATI KARIMUN

by U & A.com
0 comment

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim bersama 5 kades terpilih

KARIMUN (U&A.com) – Bupati Karimun Provinsi Kepri Dr H Aunur Rafiq melantik 5kepala desa (kades) terpilih periode 2021-2027 hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Karimun Provinsi Kepri 3 Juli 2022 bertempat di Gedung Nasional Karimun, Senin (13/12/2021).

Adapun 5 kepala desa yang dilantik adalah Sanuri Kades Pangke Kecamatan Meral Barat, Ramli Kades Desa Tanjung Batu Kecil Kecamatan Buru, Kazman Kades Desa Tulang Kecamatan Selat Gelam, Rusli Kades Selat Mendaun Kecamatan Selat Gelam dan Jamal Kades Antar Waktu Desa Pongkar Periode 2022-2027.

Dalam pelantikan tersebut, Aunur Rafiq pun menyampaikan 10 pesan khusus antara lain meminta para kades secepatnya melakukan konsolidasi untuk membangun desa bersama dengan seluruh elemen di masyarakat.

“Dapat saya sampaikan kepada para kades terpilih, masyarakat yang terbelah pada saat pilkades kemaren agar segera disatukan kembali. Tidak boleh ada perpecahan karena harus segera membangun desa bersama-sama. Perlakukan masyarakat dengan baik. Jangan karena pada pemilihan tidak dipilih, lantas tidak dilayani. Jangan hanya karena persoalan politik, jadi membuat kita tercerai berai,” kata Bupati Aunur Rafiq dalam sambutannya.

Kazman Kades Tulang (kiri), Rusli Kades Selat Mendaun (kiri), Abdul Jamal Kades Pongkar (tengah), Sanuri Kades Pangke (kanan), dan Ramli Kades Tanjung Batu Kecil (besar)

Terkait adanya kemungkinan tindakan korupsi terhadap dana desa, Aunur Rafiq mengimbau para kades agar melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku.

“Saya berharap tidak adalagi Kades dan perangkat kades yang terjerat dan tersandung kasus hukum. Di Kabupaten Karimun ini pengelolaan keuangan desa itu sudah tersistem, jadi kalau para kepala desa patuh, insyaallah mereka selamat,” jelasnya.

Bupati Aunur Rafiq pun berpesan kepada masyarakat agar turut aktif dan menjadi motor pembangunan desa. Sebab, pemerintah memiliki kemampuan terbatas dan membutuhkan dukungan masyarakat di dalamnya. “Tetaplah menjadi orang yang baik, dan berikan dukungan kepada pemerintahan,” ucap Aunur Rafiq.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan tahniah kepada mantan kepala desa petahana yang berkenan dan bersedia hadir dalam pelantikan kali ini. “Ini tentunya patut kita apresiasi bersama dan ini menandakan tidak ada lagi perbedaan tetapi kita semua sudah bersatu bersama-sama memajukan desa,” ucap Aunur Rafiq.

Hadir di acara pelantikan tersebut Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirat, Wakil Ketua DPRD Karimun Rosno, Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim, Sekda Karimun HM Firmansyah, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Kejari Karimun yang diwakili oleh Kasi Datun Wandy Batubara SH, Anggota DPRD Karimun Aloysius, perwakilan dari Dandim 0317/Karimun dan Lanal Karimun.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyampaikan sambutan

Foto bersama usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan

Foto bersama usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan

5 kades terpilih usai diambil sumpang dan dilantik

Ramli Kades Desa Tanjung Batu Kecil Kecamatan Buru menandatangai berita acara pelantikan disaksikan Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menandatangani berita acara pelantikan

Kazman Kades Desa Selat Mendaun Kecamatan Selat Gelam menandatangani berita acara pelantikan

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyematkan pin kepada Sanuri Kades Pangke

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

Ketuaa DPRD Karimun Yusuf Sirat, Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim dan Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun, Jackie Stewart Touw

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyerahkan piagam penghargaan kepada mantan kades

Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim menyerahkan SK kepada Sanuri Kades Pangke terpilih

Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim menyerahkan SK kepada Ramli kades Tanjung Batu Kecil terpilih

Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim menyerahkan piagam penghargaan kepada mantan kades

Wakil Ketua DPRD Karimun Rasno menyerahkan piagam penghargaan

Berikut 10 Pesan Bupati Karimun kepada 5 Kades terpilih :

1. Dalam setiap pelaksanaan tugas, saudara harus berorientasi pada hukum dan aturan yang berlaku. Segera susun rpjmdes maksimal 3 (tiga) bulan sejak tanggal pelantikan yang disinergikan dengan rpjmd Kabupaten Karimun 2021-2026, laksanakan semua program dengan sebaik- baiknya sesuai dengan visi dan misi kepala desa serta ketentuan agar aman dan amanah.

2. Sebagai pemimpin masyarakat, saudara harus berorientasi pada pengabdian yang didasarkan kesadaran bahwa saudara dipilih oleh masyarakat, sehingga kepentingan masyarakat harus diutamakan.

Keselamatan masyarakat dari pandemi covid ini menjadi yang utama. Memastikan penegakan protokol kesehatan di desa dan mendukung pencapaian target vaksinasi covid-19.

3. Segera pelajari dan pahami tugas, kewajiban, dan wewenang saudara sebagai kepala desa. Jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan camat selaku pembina, lembaga yang ada di desa, terutama bpd sebagai mitra pemerintah desa.

Rangkul dan libatkan masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan tanpa pandang bulu, tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, karena semua warga menjadi tanggung jawab saudara.

Berdayakan perangkat desa sesuai tugas pokok dan fungsinya sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

4. Kepada para istri kepala desa atau yang ditunjuk menjadi Ketua Tim Penggerak pkk desa saya minta untuk selalu mendampingi dan mendukung suami/kepala desa dalam setiap melaksanakan tugasnya.

Saya berharap Ketua Tim Penggerak pkk desa ikut berperan dalam pencegahan dan penanganan pandemi covid 19 khususnya dalam pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan instruksi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Karimun di wilayahnya masing-masing selain dari pelaksanaan program pkk. perankan tim penggerak pkk sebagai mitra pemerintah secara maksimal dalam 16 pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

5. Segera lakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat karena kepala desa adalah pelayan masyarakat, dan tidak boleh membeda-bedakan antara yang memilih saudara atau tidak.

6. PR utama kades terpilih adalah pengentasan kemiskinan, pembangunan sarana dan prasarana dasar, sanitasi dan pendampingan ibu hamil untuk mencegah stanting.

7. Laksanakan anggaran dana desa dengan baik dan tranparan serta menghindari korupsi.

8. Jadilah pemimpin desa yang inovatif, yang akan membawa perubahan desa menjadi lebih baik dalam kurun waktu 6 tahun ke depan.

9. Di era keterbukaan informasi saat ini, Kades tidak boleh risih terhadap keluhan atau pertanyaan warga mengenai penyelenggaaraan pemerintahan desa. Kades harus responsif terhadap tuntutan dan kebutuhan warga desa.

10. Jangan lupa untuk selalu konsultasi kepada camat dan OPD terkait, apabila terdapat permasalahan di desa, ataupun hal-hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 29 Kepala Desa yang baru di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun telah terpilih di Pilkades Serentak 2022, Minggu, (3/7/2022) lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun, Jackie Stewart Touw menyampaikan, pilkades serentak tahap kedua Kabupaten Karimun pada tahun ini di selenggarakan di 29 Desa 11 kecamatan yang berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah Pelaksanaan Pilkades Serentak Karimun Tahun 2022 dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif, meskipun ada sedikit permasalahan terkait Pemilih, namun hal tersebut dapat di selesaikan dengan penjelasan dan Musyawarah bersama dengan tanpa meninggalkan aturan perundang-undangan yang berlaku,”ucapnya.

Sebelumnya Pemkab Karimun juga sukses telah menggelar pilkades serentak tahap pertama pada tahun 2021 lalu dan telah melantik 8 kades terpilih periode 2021-2027 bertempat di gedung Nasional Karimun, Senin (13/12/2021) lalu. (hhp)

Hasil Pilkades Serentak Kabupaten Karimun 2022

Hasil Pilkades Serentak Kabupaten Karimun 2021

 

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy