Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Main Game Online Domino Saat Sidang Paripurna, Anggota DPRD Karimun Berpotensi Dipidana

Main Game Online Domino Saat Sidang Paripurna, Anggota DPRD Karimun Berpotensi Dipidana

by U & A.com
0 comment

*Rendahkan Kehormatan DPRD dan Anggota DPRD

KARIMUN (U&A.com) – Tokoh masyarakat Kabupaten Karimun Provinsi Kepri Hermansyah SH menyampaikan tindakan Anggota DPRD Karimun berinisial HS bermain game online Higgss domino saat sidang paripurna DPRD Karimun, Jumat (24/9/2021) telah merendahkan kehormatan DPRD dan anggota DPRD.

“Semua orang yang dianggap melecehkan dan merendahkan lembaga DPRD bisa diseret ke hukum, termasuk anggota DPRD sendiri,” ujar Hermansyah, Sabtu (24/9/2021).

Mantan Jaksa ini berpendapat, Pasal 122 Huruf k pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) tidak hanya bisa menjerat masyarakat umum.

Selama sebuah perbuatan patut diduga memiliki unsur merendahkan kehormatan DPRD secara institusi dan anggota DPRD, bahkan seorang anggota DPRD, dapat dijerat dengan pasal tersebut.

Bunyi pasal itu, “Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 121A, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) bertugas: (k) mengambil langkah hukum dan/atau langkah lain terhadap orang perseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yang merendahkan kehormatan DPRD dan anggota DPRD.”

“Tidak ada kategorisasi mengenai seperti apa tindakan yang merendahkan kehormatan DPRD dan anggota DPRD, ini bisa luas artinya.Semua orang yang dianggap melecehkan dan merendahkan DPRD bisa diseret ke hukum, termasuk anggota DPRD sendiri,” ujar Hermansyah.

Hermansyah melanjutkan, sikap yang ditunjukkan oleh Anggota DPRD Karimun berinisial HS sangat tidak patut dan tidak pada tempatnya

“Saya catat, ada 12 sampai 13 contoh perbuatan anggota DPRD yang dapat kita kategorisasi sebagai merendahkan institusi DPRD. Misalnya bolos sidang, tidur saat sidang, membuat kericuhan dalam sidang, melakukan pembohongan publik, nyinyir di media sosial, mangkir dari proses panggilan hukum, dan melakukan provokasi berkaitan dengan intoleransi termasuk juga bermain game online Higgss domino saat sidang paripurna. Padahal game online itu disebut memiliki unsur judi,” ujar Hermansyah.

Apalagi kata Hermansyah, sudah ada fatwa haram kepada game online (gim daring) Higgs Domino Island seperti yang disampaikan Nahdlatul Ulama (PBNU) setelah PBNU melakukan kajian dalam forum bahtsul massail. Gim daring yang lagi booming dan mewabah di masyarakat itu disebut diharamkan lantaran memiliki unsur judi di dalamnya.

“Belum lagi yang sering kita jumpai, yakni melakukan praktik suap, korupsi, dan sebagainya. Tentu, melalui pasal ini, masyarakat juga bisa melaporkan para anggota DPRD merendahkan institusi DPRD,” katanya.

Seperti diberitakan, Aksi anggota DPRD Karimun kedapatan sedang main game online Higgss domino terjadi dalam sidang paripurna yang membahas 3 agenda pokok di ruang rapat Paripurna DPRD Karimun, Jumat 24/9/2021).

Anggota DPRD tersebut tertangkap kamera wartawan U&A.com saat Ketua DPRD Karimun mulai membuka sidang menyampaikan 3 agenda sidang yakni penyampaian pidato Bupati Karimun tentang rancangan perda No 7 Tahun 2016 tentang susunan organisasi tata kerja perangkat daerah dan RPJMD Kabupaten Karimun Tahun 2021-2026.

Serta penyampaian laporan hanggar terhadap kebijakan umum perubahan (KUPA) dan perubahan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) Kabupaten Karimun Tahun Anggaran 2021.

Anggota DPRD berinisial HS dari Fraksi PAN tersebut terlihat lagi asik bermain game online Higss domino sambil mendengarkan sidang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat.

HS terlihat sangat asik bermain game online Higgss domino dari awal sidang dimulai hingga akhir sidang.

“Mungkin dia (HS) lagi bosan,” kata Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat ketika di mintai tanggapannya, usai rapat paripurna.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Karimun Anwar Hasan dimintai tanggapannya terkait hal yang tidak terpuji tersebut, tidak memberi tanggapan apapun Rapat paripurna itu hanya dihadiri oleh 17 orang anggota DPRD Karimun dari total 30 orang.

Aksi politisi dari partai PAN ini mendapat respon dan langsung membuat he boh netizen di media sosial dan beritanya langsung viral. Hingga saat ini perilaku tidak terpuji anggota DPR tersebut terus dihujani kritikan pedas oleh para netizen pada kolom komentar unggahan tersebut. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy