Home BERITA UTAMA Mohon Doa dan Dukungan, 2 Inovasi Karimun Masuk Nominasi IGA 2022

Mohon Doa dan Dukungan, 2 Inovasi Karimun Masuk Nominasi IGA 2022

by U & A.com
0 comment

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si menyerahkan cindramata kepada Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Kemendagri RI, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA dalam kunjungannya ke Kabupaten Karimun

KARIMUN (U&A.com) – Dua inovasi Karimun yakni aplikasi ARAH-KAN dan Duta Pensi Covid 19 masuk nominasi penghargaan Innovative Government Award ( IGA ) tahun 2022 katagori daerah perbatasan.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si mengharapkan doa dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Karimun agar kedua inovasi bisa menjadi yang terbaik dalam ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI).

“Allhamdulilah Kabupaten Karimun masuk dalam nominasi untuk katagori daerah perbatasan. Mohon doa dan dukungan. Kita tentunya berharap Karimun jadi pemenang dan aplikasi ini bisa menjadi percontohan untuk skala nasional,” ucap Aunur Rafiq usai menerima kunjungan Tim validasi lapangan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 di rumah dinas Bupati Karimun, Kamis (1/12/2022).

Kedatangan tim penilai yang dipimpin oleh Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Kemendagri RI, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA disambut langsung oleh Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si.

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut setelah Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq, melakukan presentasi langsung terkait dua inovasi unggulan Pemkab Karimun di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (23/11) lalu.

Setelah pertemuan dengan Bupati Karimun di rumah dinas, tim langsung mengunjungi lokus yang menjadi penerapan inovasi Pemkab Karimun.

Didampingi Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Karimun Fajar Harrison Abidin, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karimun Ahmad, tim terjun ke kantor Dinas Perikanan Karimun dan Kantor Camat Meral Barat guna melihat penerapan aplikasi ARAH-KAN dan Duta Pensi Covid 19.

Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Kemendagri RI, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA disambut Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq saat sampai di pelabuhan domestik Karimun dalam kunjungannya ke Kabupaten Karimun

Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Kemendagri RI, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA dijamu Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq di rumah dinas dalam kunjungannya ke Kabupaten Karimun

Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Kemendagri RI, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA didampingi Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq saat berkunjung ke kantor DInas Perikanan Kabupaten Karimun

Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Kemendagri RI, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA didampingi Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq saat berkunjung ke kantor DInas Perikanan Kabupaten Karimun

Dalam kunjungan tersebut, tim penilai IGA 2022 melakukan tanya jawab sekaligus berdiskusi langsung dengan staf dinas Perikanan berserta perangkat serta Kepala Puskesmas Meral Barat mengenai kedua inovasi tersebut. Dan hasilnya, kondisi di lapangan dinyatakan telah sesuai dengan paparan Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq .

Tri Widodo Wahyu Utomo, mengungkapkan, seluruh hasil dari kunjungan lapangan terhadap dua inovasi besutan Pemkab Karimun selanjutnya akan dilakukan penilaian akhir dan diharapkan bisa mendapat yang terbaik.

’’Data yang masuk ke tim sebelumnya, itu sudah kita cek, sama dengan apa yang sudah dipaparkan oleh Bapak Bupati. Ini akan kita bawa sebagai data lapangan dan akan dilakukan penilaian terakhir. Kita harapkan mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Karimun bisa menjadi yang terbaik,’’ ungkap Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA , usai berkunjung.

“Inovasinya di Dinas Perikanan serta di Puskesmas Meral ini kami nilai sangat luar biasa. Disamping sangat mempermudah masyarakat sebagai yang dilayani, juga mempermudah pemerintah sebagai pelayanan masyarakat,” ungkapnya.

Inovasi aplikasi ARAH-KAN dari Dinas Kelautan dan Perikanan dibuat tahun 2020, dan di lounching oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Aplikasi yang berbasis digitalisasi tersebut adalah untuk mempermudah pelaku utama perikanan dalam pengurusan administrasi. Cukup menggunakan android atau smartphone untuk mengurus segala administrasi yang dibutuhkan oleh pelaku usaha perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab.Karimun Ahmadi mengungkapkan, masuknya aplikasi ARAH-KAN sebagai nominator pada IGA 2022 bisa menjadi pemacu semangat.

“Semoga ini menjadi penyemangat rekan-rekan di Dinas Kelautan dan Perikanan dalam melakukan inovasi-inovasi lain untuk mempermudah pelayanan, cepat, tepat dan efesien kepada pelaku utama perikanan,” imbuh Ahmadi.

Validasi ini merupakan tahap akhir penilaian dari Tim Kemendagri terhadap nominator IGA 2022. Pemenang akan diumumkan oleh Kemendagri RI pada tanggal 9 Desember 2022 nantinya. (hj)

Ini Dia 2 Inovasi Unggulan Karimun yang Masuk Nominasi IGA 2022 :

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy