Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Pakai Setelan Adat Melayu, Bupati Aunur Rafiq Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual

Pakai Setelan Adat Melayu, Bupati Aunur Rafiq Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual

by U & A.com
0 comment

KARIMUN (U&A.com) – Bupati Kabupaten Karimun Provinsi Kepri Dr.H.Aunur Rafiq, S.Sos.M.Si memakai setelan adat melayu dan mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 secara virtual dari Gedung Nasional Karimun, Rabu (1/6/2022).

Bupati Karimun Dr.H.Aunur Rafiq mengenakan setelan pakaian adat Melayu itu dengan kain corak warna kuning, lengkap dengan kain songket yang membalut pinggang hingga lutut.

Tak lupa, songkok hitam khas senantiasa berada di kepala Bupati Dr.H.Aunur Rafiq. Dalam kesempatan itu, Ia didampingii oleh Wakil Bupati Karimun H.Anwar Hasyim M.Si. Ia terlihat mengenakan juga mengenakan setelan pakaian adat Melayu itu dengan kain corak warna kuning.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 dipusatkan di lapangan Pancasila, Ende Nusa Tenggara Timur (NTT). Presiden RI Ir Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dengan menggunakan pakaian baju adat Ende.

Kemudian bertindak selaku Komandan Upacara, Komandan Brigade Infanteri 21 Komodo Kodam IX/Udayana Kol. Inf. Tunjung Setyabudi.

Sementara Ketua MPR Bambang Soesatyo bertindak sebagai Pembaca Teks Pancasila, Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus sebagai Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pembaca Doa.

Dalam amanatnya Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian serta dibuktikan dalam sejarah perjalanan bangsa.”Jelasnya

Presiden menyampaikan saat ini didalam menghadapi situasi dunia yang sedang bergejolak, pandemi covid yang belum sepenuhnya berakhir diikuti oleh krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan yang ekstrim dan perang di Ukraina.

Presiden mengajak seluruh negara maju di dunia untuk bergotong royong menciptakan umat manusia yang lebih baik membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis dimasa depan.

Seluruh pemimpin bangsa, para pejabat pemerintahan, tokoh agama masyarakat, para pimpinan parpol dan ormas dan seluruh masyarakat untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila.

“Bersama Bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.” paparnya. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy