Home GALERI FOTO Panen Bersama, Bupati Karimun Komitmen Jaga Ketahanan Pangan

Panen Bersama, Bupati Karimun Komitmen Jaga Ketahanan Pangan

by U & A.com
0 comment

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyampaikan sambutan

KARIMUN (U&A.com) – Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq memimpin panen bersama kegiatan pertanian keluarga (PK) kelompok tani Sepakat Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, Sabtu (7/8/2021).

Aunur Rafiq dalam kegiatan itu menyatakan, Pemerintah Kabupaten Karimun berkomitmen berkomitmen untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan di ‘Bumi Berazam. Pemkab Karimun telah melaksanakan sejumlah langkah strategis untuk mencapai visi tersebut.

“Pemkab Karimun akan terus menjalankan kebijakan yang pro dengan petani untuk menjadi bagian komitmen menciptakan ketahanan pangan serta berkomitmen membantu kebutuhan para petani di Pulau Kundur,” ujar Aunur Rafiq dihadapan kelompok tani Sepakat.

Kegiatan panen bersama juga diselaraskan dengan serah terima bantuan dana ketahanan pangan dan pertanian DAK Non Fisik tahun 2021 kepada 3 kelompok tani yakni masing-masing kelompok tani Sepakat Desa Kundur dengan Jumlah Rp. 150.000.000, kelompok Tani Subur Mandiri Desa Sawang Laut dengan jumlah Rp. 55.000.000, dan kelompok tani Serai Wangi Desa Sungai Ungar Utara dengan jumlah Rp. 55.000.000

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq bersama kelompok tani penerima bantuan

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyerahkan bantuan kepada kelompok tani

Saat bertatap muka langsung dengan para kelompok tani, Bupati Karimun Aunur Rafiq menanyakan keluhan dan apa yang dibutuhkan para petani. “Apa yang masih dibutuhkan para petani untuk Ladang padi ini, tolong disampakan di sini, supaya nanti Pemda Karimun bisa memasukkan dalam anggaran” ucap Aunur Rafiq.

Bupati Aunur Rafiq berharap dengan adanya bantuan ini, semoga aktifitas pertanian di Pulauu Kundur dapat di tingkatkan terlebih lagi saat ini di masa pandemi, dengan harapan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Karimun khususnya para petani.

“Saya ucapkan selamat dan terimakasih dengan doa semoga bapak ibu kelompok tani ini dapat meningkatkan produksinya, sehingga dapat membantu ketahanan pangan dalam masa pandemi ini,” ucap Bupati Karimun.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq panen jagung bersama

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq panen lele bersama

Ia menambahkan untuk kebutuhan dan mengembangkan ladang/kebun para kelompok tani ini Pemda Karimun siap membantu.

Aunur Rafiq menyampaikan, para petani jangan cepat berpuas diri dengan hasil panen. Sebab, lanjutnya, masih banyak lahan tidur yang berpotensi ekonomi namun belum diberdayakan.

“Saya berharap para petani terus membuka lahan pertanian padi demi meningkatkan kesejahteraan. Karena itu, saya meminta agar para petani memaksimalkan lahan yang ada saat ini,” kata Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq mengucapkan selamat serta menyampaikan apresiasi dan penghargaannya atas terlaksananya panen bersama kegiatan pertanian keluarga (PK) kelompok tani Sepakat Desa Kundur. Menurutnya, panen bersama sangat penting demi kemajuan para petani ke depan.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menyerahkan hasil panen ikan lele

“Petani tidak bisa bekerja sediri tanpa adanya dukungan unsur lainnya, seperti pemerintah kabupaten, Kecamatan dan Desa serta masyarkat pulau kundur pada umumnya,” kata Aunur Rafiq.

Selain itu, Aunur Rafiq meminta agar Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan selalu turun ke lapangan untuk melihat secara langsung kondisi para petani di Kabupaten Karimun.

Apa yang telah kita dapatkan pada hari ini sebagi kebutuhan dalam kehidupan sehari dan hal tersebut juga sebagai ajang motivasi bagi masyarakat yang lainnya. “Apa yang menjadi kebutuhan kelompok tani dibuatkan pengajuannya melalui kepala desa dan ke Dinas Pertanian,” pesannya.

Sementara Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Syukrianto menyampaikan, Kelompok Tani Sepakat Desa Kundur saat telah memanen lele dengan jumlah mencapai 3,5 ton, dan tanaman cabe mencapai 1 ton, dan jagung 2 ton yang telah di panen. (hj)

 

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy