Home DESAKU Pemkab Karimun Segera Cairkan BLT DD ke 42 Desa

Pemkab Karimun Segera Cairkan BLT DD ke 42 Desa

by U & A.com
0 comment

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun, Suwedi, S.Sos, M.Si

KARIMUN (U&A.com) – Pemerintah Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau segera cairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun 2021 kepada 42 Desa yang ada di 12 Kecamatan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun, Suwedi, S.Sos, M.Si , mengatakan sepanjang tahun ini program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Kabupaten Karimun tetap berjalan yang akan diberikan di 42 Desa se-Kabupaten Karimun.

“ Kita sudah menerima pengajuan pencairan BLT DD sebanyak 22 desa yang sudah siap dicairkan, dimana masing-masing penerima mendapat dana sebesar Rp 300 ribu perbulan. Kita berharap dana tersebut dapat dicairkan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan,” ujar Suwedi, kepada U&A.com di ruangan kerjanya, Senin (25/3/2021).

Selain itu dikatakan Suwedi, bagi desa yang mengajukan pencairan BLD DD harus memenuhi syarat, yaitu Perdes tentang APBDes, serta Perkades tentang penerima BLT DD. Bahkan untuk Perkades BLT DD juga dilakukan verifikasi faktual, agar tidak terjadi penerima yang ganda. “Jangan sampai ada penerima ganda, untuk itu petugas yang melakukan verifikasi juga harus teliti,” jelasnya.

Diakuinya sebenarnya Perdes untuk 20 desa lainnya juga masuk, namun masih ada kekurangan berkas, salah satunya tentang Perkades penerima BLT DD. “Khususnya bagi desa yang belum lengkap, dan juga menunggu pengajuan dari desa untuk melengkapinya,” imbuhnya.

Suwedi berharap penyaluran BLT DD agar bisa tepat sasaran dan tidak terjadi penerimaan ganda yang berakibat kesenjangan dan merugikan negara. “Untuk itu sebelum data benar-benar valid jangan diserahkan dahulu, dan juga jangan sampai ada warga yang harusnya berhak menerima justru sama sekali tidak menerima bantuan dari Pemerintah,” ujar Suwedi.

Lebih detail Suwedi menjelaskan persyaratan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ada 4 yakni Perbup Desa yang sudah ditandatangani Bupati Karimun pada bulan Desember 2020 lalu, kemudian Peraturan Desa (Perdes) tentang penetapan APBdes

Kemudian 2 lagi syaratnya di BPKAD Kabupaten Karimun yakni surat pemindahan buku rekening dan surat pengantar.

“Kita berharap dan berupaya BLT Dana Desa ini bisa cair segera dan bisa tersalurkan ke rekening kas masing-masing desa. BPKAD sedang memproses pemindahan buku rekening dan surat pengantar yang sudah ditandatangani Bupati Karimun. Nanti kalau sudah di cairkan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di Batam kami kabari,” jelas Suwedi.

Suwedi menjelaskan, Penyaluran dana desa tahun 2021 mengalami perubahan dan pola pencairan dibandingkan dengan tahun 2020 lalu.

Perbedaan pola pencairan tersebut meliputi pencairan dana desa yang diperuntukkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD dan alokasi dana desa untuk aman Covid-19 sebesar 8 persen dari dana yang didapatkan desa.

Menurutnya pada tahun ini ada beberapa kali pencairan dana desa, dimulai dengan pencairan dana desa reguler yang dilakukan tiga tahap, penyaluran dana desa BLT yang dilakukan 12 kali dan penyaluran dana aman Covid-19 yang dilakukan satu kali.

Ia menjelaskan, jika untuk pencairan dana desa reguler dilakukan dengan tiga tahapan dimana tahap pertama dilakukan pencairan dana desa sebesar 40 persen begitu juga kedua dan ketiga sebesar 20 persen. Jadi dana desa, BLT dan aman Covid-19 penyaluran untuk desa dipisah,” tandasnya.

Suwedi merincikan, jika pada tahun lalu dilakukan pencairan dana desa tahap pertama sudah termasuk BLT selama beberapa bulan, namun pada tahun ini dana desa reguler terpisah dari BLT. “Dana desa reguler tetap disalurkan tiga tahap, sedangkan BLT disalurkan setiap bulan,” terangnya.

DD Tahap I di 22 Desa Cair
Suwedi juga menyampaikan, Bantuan Dana Desa (DD) 40 % tahap I Tahun 2021 telah dicairkan ke 22 Desa di 12 Kecamatan Se Kabupaten Karimun dengan total sebesar Rp 9.737.783.600.

“Total Rp 9.737.783.600 dana desa tersebut sebanyak Rp 3.987.903.480 untuk kegiatan pembangunan di 22 Desa telah cair, sedangkan untuk untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD dan alokasi dana desa untuk aman Covid-19 sebesar 8 persen belum cair karena masih dalam proses di BPKAD. Dana desa tahap I dikirim lewat transfer ke rekening kas desa,” ujar Suwedi.

Suwedi menjelaskan, Dana Desa (DD) 40 % tahap I Tahun 2021 diperuntukan untuk 3 hal yakni pencairan dana desa reguler dilakukan dengan tiga tahapan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD dan alokasi dana desa untuk aman Covid-19 sebesar 8 persen.

“Rinciannya yaitu untuk BLT 5 bulan, sudah itu untuk kegiatan kalau desa-desa itu anggaran nya masih ada dan kalau masih ada lagi digunakan untuk Covid-19 karena dana desa 2021 ini ada sebagian besar ada desa tertentu habis untuk BLT saja yang besarannya per KK Rp 300 ribu sebulan untuk 1 tahun. Jadi yang sekarang 22 desa yang sudah cair ini hanya untuk kegiatan saja, besarannya bervariasi bahkan ada desa yang dana kegiatanya hanya Rp 1 juta saja,” jelas Suwedi.

Sementara total pagu dana desa di 12 Kecamatan se Kabupaten Karimun Tahun 2021 adalah sebesar Rp 45.740.625.000. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy