Home BERITA UTAMASUMBARPARIAMAN Pemko Pariaman Evaluasi Kelayakan Air Solar Cell untuk Pertanian

Pemko Pariaman Evaluasi Kelayakan Air Solar Cell untuk Pertanian

by U & A.com
0 comment

PARIAMAN (U&A.com) – Pemko Pariaman segera melakukan pemeriksaan sekaligus evaluasi terhadap kelaikan pompa air solaPelayanan Paspor Kini Bisa Diurus di Kampus UNP cell yang ada di areal pertanian padi sawah kelompok tani di Kota Pariaman.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman melalui Kabid Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Budi Hendriadi kepada Media Center Kota Pariaman, Rabu (17/2/2021), bahwa pengecekan pompa air tenaga surya dilakukan untuk mengetahui pompa yang rusak dan masih berfungsi maksimal.

Hal tersebut penting dilakukan, karena akhir-akhir ini cuaca mulai panas atau kemarau, pada masa ini petani padi sering dihadapkan dengan masalah kekurangan air. “Dan keberadaan pompa air tenaga surya yang sudah ada di sejumlah titik di areal sawah tanam padi petani dapat difungsikan membantu mengatasi masalah tersebut,” kata Budi.

Kalau banyak pompa yang rusak, kebutuhan air tak mencukupi maka bisa berdampak terhadap pertumbuhan tanaman padi. Menurut Budi, pompa air yang digerakan dengan tenaga surya ada 20 unit dan tersebar pada sejumlah titik di areal tanam padi sawah petani di kota ini. Tahun lalu, baru 4 unit mesim pompa air diperbaiki, tahun ini perbaikan dan perawatan mesin masih tetap dilakukan.

“Mudah-mudahan petani dapat memanfaatkan pompa air sistem tenaga surya yang sudah ada secara maksimal, sehingga suplai air tetap mencukupi untuk kebutuhan pertanian padi sawah. Soal pengecekan ke lapapangan tunggu waktu saja, namun petani melalui kelompoknya tetap diharapkan melakukan perawatannya,”ujarnya. (MC Kominfo Kota Pariaman/bj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy