Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Peringati HUT RI Ke-77, Bupati Karimun : Kualitas Pembangunan Manusia Semakin Baik

Peringati HUT RI Ke-77, Bupati Karimun : Kualitas Pembangunan Manusia Semakin Baik

by U & A.com
150 views

Forum Koordinas Pimpinan Daerah Kabupaten Karimun Provinsi Kepri hormat bendera

KARIMUN (U&A.com) – Pemerintah Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Coastal Area Karimun, Rabu (17/8/2022).

DR H Aunur Rafiq S.Sos M.Si yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, hari ini berkat kontribusi perjuangan dan pengorbanan berbagai pihak, Kabupaten Karimun telah mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, semenjak dimekarkan menjadi daerah ekonomi baru berdasarkan Undang-undang Nomor 53 Tahun 1999.

“Kualitas pembangunan manusia di Kabupaten Karimun terus semakin membaik, Hal itu dapat dilihat dari beberapa indikator-indikator yang terus mengalami perbaikan dan peningkatan,” ujar Aunur Rafiq, dikutip dari keterangan persnya, Rabu.

Dalam sambutannya, Bupati Aunur Rafiq menyampaikan indikator tersebut diantaranya, adalah dalam Indek Pembangunan Manusia (IPM) sebagai tolak ukur pembanguna SDM, Kabupaten Karimun mampu berkontribusi besar dimana pada tahun 2021, IPM Kabupaten Karimun telah mencapai IPM tertinggi berada pada angka 70,71.

“Adapun target ke depan sampai tahun 2024, IPM Kabupaten Karimun ditargetkan mencapai angka 73,08. Tidak hanya itu, dalam upaya pembangunan sumber daya manusia yang menyangkut urusan ekonomi, angkat kemiskinan Kabupaten Karimun setiap tahun terus mengalami penurunan, pada tahun 2021 angka kemiskinan mencapai 6,85 persen, masih dibawah angka kemiskinan nasional mencapai 10,14 persen,” ujar Aunur Rafiq.

Begitu juga, kata Aunur Rafiq terkait dengan tingkat pengangguran di Kabupaten Karimun mengalami penurunan. “Jika dilihat dari persentase angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2022 yang terjadi penurunan dari 8,36 persen turun di tahun 2021 menjadi 7,20 persen. Hal itu masih dibawah TPT Provinsi Kepri tahun 2021 yakni sebesar 9,91 persen,” ujarnya lagi.

Dijelaskan Rafiq juga, begitu pula dengan angka ketimpangan pendapatan atau Gini Ratio di Kabupaten Karimun selama tahun 2021 mengalami peningkatan.

Pada tahun 2020, Gini Ratio Kabupaten Karimun berada pada point 0,315 pada tahun 2021 naik menjadi 0,370 point.

Hal ini tentunya disebabkan oleh pandemi Covid 19 yang memaksan menurunnya aktivitas ekonomi terutama sektor jasa dan usaha informasi karena adanya kebijakan pemberlakuan kegiatan masyarakat atau PPKM.

Rafiq juga menjelaskan, meskipun dilanda pandemi Covid 19 selama dua tahun namun pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karimun pada tahun 2021 masih kuat dan menunjukkan tren positif yakni 2,37 persen, dibandingkan dengan tahun 2020 yang keterlambatan minus 3,59 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karimun berada di peringkat ke 3 di Kepulauan Riau setelah Kota Batam dan Kabupaten Kepulauan Anambas,” ujar Rafiq.

Begitu juga, kata Rafiq, terkait dengan Angka Produk Domistik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Karimun juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2021 PDRB atas dasar harga berlaku sebesar Rp 14.1 triliun, lebih tingga tahun 2020 yakni sebesar Rp 13.1 triliun. Sedangkan angka PDRB atas dasar harga konstan sebesar Rp 9,3 triliun lebih tinggi dibanding tahun 2020 yakni sebesar Rp 9,1 triliun.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Karimun Provinsi Kepri , dipusatkan di di Lapangan Coastal Area Karimun, Rabu (17/8/2022) pagi.

Pada perayaan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 yang bertemakan Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Polres Karimun menjadi panitia utama dalam pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih.

Upacara pengibaran bendera merah putih langsung dipimpin oleh Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos, Msi dan dihadiri oleh Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, S.I.K, S.H., beserta forkopimda Kabupaten Karimun, perwakilan TNI Polri, instansi vertikal Karimun, Organisasi Masyarakat dan Veteran/Purnawirawan/Warakauri se-Kabupaten Karimun.

Yang bertindak sebagai Perwira Upacara kali ini adalah Kabag Ops Polres Karimun Kompol A. Agung M. Winarta, S.H, S.I.K dan selaku Komandan Upacara Iptu Aldi Ramadhan Fauzi S.Tr.K. Dalam pelaksanaan upacara peringatan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-77 ini terlaksana dengan khidmat. (hj)

 

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy