Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN PLN ULPLTU Karimun Gelar Edukasi K3 Eksternal untuk Masyarakat

PLN ULPLTU Karimun Gelar Edukasi K3 Eksternal untuk Masyarakat

by U & A.com
124 views

KARIMUN (U&A.com) – PT PLN (Persero) ULPLTU Tg.Balai Karimun menggelar kegiatan Edukasi K3 Eksternal untuk masyarakat umum keselamatan bidang kelistrikan dalam kehidupan sehari-hari bertempat di kantor Camat Tebing Kabupaten Karimun, Rabu (30/3/2022).

Pejabat Pelaksana K3L dan Keamanan PLTU Tg Balai Karimun Doni Hermawan menyampaikan, tujuan digelarnya sosialisasi edukasi ini adalah aga masyarakat mendapatkan edukasi K3 serta menambah wawasan tentang upaya pencegahan kecelakaan listrik masyarakat umum.

Pelaksanaan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat umum merupakan program PLN secara nasional yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait bahaya listrik dan penggunaan listrik aman di rumah.

Selain itu juga, tidak terbatas pada materi-materi lainnya serta memberikan  informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya K3 kepada masyarakat tidak hanya di area kerja tetapi juga di lingkungan tempat tinggal.

“Khususnya, masyarakat dapat mengetahui potensi bahaya terkait listrik. Dan tujuan utama dari kegiatan edukasi ini, tentunya adalah menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekitar,” ujar Doni Hermawan.

Doni menjelaskan adapun materi sosialisasi yang disampaikan adalah bahaya tentang konsleting listrik akibat hubungan arus pendek.

“Hubungan arus pendek adalah suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran,” jelas Doni.

Doni juga menyampaikan bagaimana pencegahan hubungan arus pendek tersebut yakni dengan cara hindari penumpukan steker atau colokan listrik pada suatu tempat, karena sambungan seperti itu akan terus menerus menumpuk panas yang akhirnya dapat mengakibatkan konsleting listrik.

“Pencegahan hubungan arus pendek upaya yang dapat dilakukan adalah periksa secara rutin instalasi, hindari terdapat kabel yang terkelupas dan isolasi yang terlupas,” jelas Doni.

Disamping itu upaya lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan material listrik yang terjamin kualitasnya, menggunakan selalu Mini Circuit Breaker (MCB) dan sekering sebagai pengamanan instalasi listrik serta hindari penggunaan peralatan listrik yang melebihi kapasitas daya dan meter listrik.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Pejabat Pelaksana K3L dan Keamanan PLTU Tg Balai Karimun Doni Hermawan beserta jajaran manajemen, diakhir acara dia mengucapakan terima kasih atas partisipasi dan dukungan masyarakat sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan ditutup dengan pembagian brosur edukasi K3 dan foto bersama. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy