Home BERITA UTAMA Resmikan Puskesmas Kesepuluh, Ini Kata Aunur Rafiq

Resmikan Puskesmas Kesepuluh, Ini Kata Aunur Rafiq

by U & A.com
0 comment

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq menandatangani prasasti

KARIMUN (U&A.com) – Pemerintah Kabupaten Karimun Provinsi Kepri meresmikan puskesmas baru UPT Puskesmas Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (21/9/2022) pagi.

Puskesmas yang berada di Jalan Besar Layang Kobel, Kecamatan Kundur Barat merupakan Puskesmas kesepuluh yang telah diresmikan.

Peresmian secara simbolis ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita oleh Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq.

“Gedung baru UPT Puskesmas Kundur Barat rampung sejak akhir 2021 lalu. Namun, gedung Puskesmas ini baru bisa diresmikan gedung tersebut lantaran kondisi pandemi Covid-19 yang saat itu sedang melonjak. Namun pelayanan kesehatan ke masyarakat langsung berjalan di awal tahun 2022,” kata Aunur Rafiq.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan atau rehab gedung baru Puskesmas merupakan upaya pihaknya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Puskesmas Kundur Barat merupakan puskesmas kesepuluh yang direhab selama ia menjabat sebagai Bupati.

“Masih ada dua kecamatan lainnya yang gedung Puskesmas nya inshaallah akan dibangun dan masih kita perjuangkan,” jelasnya.

Dengan rampungnya gedung baru itu, Bupati berpesan agar tenaga kesehatan dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanannya ke masyarakat. Ia mengaku tidak ingin mendengar adanya puskesmas yang tidak melayani masyarakat dengan baik, khususnya Unit Gawat Darurat (UGD).

“Gedung puskesmas sudah bagus, maka pelayanan juga harus semakin bagus. Pelayanan kesehatan yang baik ini harus kita berikan ke masyarakat apapun kondisinya,” ucap Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq mengaku bahagia karena ada puskesmas di tengah perkampungan warga. “Bapak ibu sekalian, saya senang ada puskesmas di tengah perkampungan seperti ini, dibandingkan puskesmas yang jauh dari rumah-rumah warga. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik,” kata Aunur Rafiq.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Kundur Barat Fahrul Razaq S.Kep, sangat bersyukur atas diresmikannya puskesmas itu. Dia ingin terus memberikan sinergi yang positif baik program pemerintah ke puskemas atau program dari puskesmas sendiri.

“Saya berharapnya untuk masyarakat sekitar bisa menerima kehadiran puskesmas kita. Menjadikan mereka lebih sehat, artinya puskesmas kita tidak melulu mengobati, tapi pencegahan juga bisa,” kata dia.

Fahrul memastikan bahwa Puskesmas Kundur Barat memiliki berbagai macam program, diantaranya Pelayananan Puskesmas Keliling, Pos Kesehatan Kelurahan, dan Jejaring Pos Kesehatan. “Melalui program tersebut, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas itu sebaik mungkin,” imbuhnya.

Diketahui keseluruhan gedung baru UPT Puskesmas dibangun menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler tahun 2021. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy