Home BERITA UTAMA Sah Nakhodai HKTI Kepri Hingga 2027, Ini Komitmen Aunur Rafiq

Sah Nakhodai HKTI Kepri Hingga 2027, Ini Komitmen Aunur Rafiq

by U & A.com
0 comment

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jend. TNI (Purn) Dr. Moeldoko., S.IP.membacakan SK pelantikan Bupati Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) HKTI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) 2022 – 2027.

KARIMUN (U&A.com) – Bupati Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) HKTI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) 2022 – 2027.

Pelantikan langsung dilakukan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jend. TNI (Purn) Dr. Moeldoko., S.IP.

Proses pelantikan dilakukan di Gedung Nasional, Kabupaten Karimun, Senin (21/11/2022) tadi.

Gubernur Kepulauan Riau, H Ansar Ahmad, Tokoh Masyarakat Kepri yang juga Dewan Pembina Pusat (DPP) Gerakan Rakyat Kepulauan Riau Sukses (Gerak Keris), Gerakan Rakyat Kepulauan Riau Sukses (Gerak Keris), Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirat, Sekda Karimun HM Firmansyah serta FKPD Kabupaten Karimun hadir dalam pelantikan tersebut. 

Aunur Rafiq menegaskan jika amanat yang diberikan kepada dirinya akan dilaksanakan sebaik-baiknya dalam rangka mewujudkan visi HKTI Bangkit, Petani Makmur, Kepri Maju.

Ia juga menyampaikan, bahwa pelantikan ini bukan sekedar momentum konsolidasi organisasi atau membangkitkan kembali HKTI Kepri Tapi pelantikan tersebut menjadi kebangkitan HKTI Kepri dalam berperan aktif menjalankan visi dan misi organisasi untuk menciptakan petani yang mandiri, modern dan sejahtera.

“Kita harus gunakan potensi daerah ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemandirian ekonomi, ketahanan pangan untuk daerah Kepri,” ujar Aunur Rafiq dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Kabupaten Karimun Darussalam itu juga melihat jika selama ini sektor pertanian belum begitu mendapat tempat dalam kebijakan politik anggaran pemerintah Provinsi Kepri. Sehingga hal itu akan menjadi perhatian HKTI Kepri bagaimana melakukan konsolidasi dengan pemerintah.

“Kita nantinya akan konsolidasi dengan pengurus HKTI di kabupaten/kota harus menjadi mitra pemerintah, harus bergandengan tangan maka di situ HKTI mendapat tempat,” ucapnya.

Ia pun tak menampik jika fenomena yang terjadi saat ini bahwa profesi petani tidak begitu diminati oleh generasi muda. Sehingga kedepannya, Sinergi HKTI akan menggali pengolahan pertanian sehingga sektor ini menjadi magnet bagi kaum muda. “Kita akan konsisten mendorong regenerasi petani tidak dimulai dari umur 50 tahun, tetapi mulai dari usia muda,” imbuhnya.

Tak lupa dirinya mengajak semua pihak untuk menggugah semangat anak muda untuk menjadi petani terutama di Kepulauan Riau dan Karimun Darussalam.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jend. TNI (Purn) Dr. Moeldoko., S.IP dalam sambutannya menegaskan komitmen HKTI yang senantiasa berada di garda terdepan memperjuangkan nasib petani.

Ia mengatakan bahwa HKTI dibentuk seutuhnya untuk tujuan mulia, yakni memperbaiki nasib para petani. Caranya, antara lain dengan memberi masukan bagi pemerintah, terkait kebijakan yang berkaitan dengan petani.

“HKTI bisa menekan pemerintah jika pemerintah tidak berpihak pada petani. HKTI bisa menjadi partner strategis pemerintah, karena pemerintah tidak bisa bekerja sendirian,” ujar Moeldoko.

Moeldoko, dalam sambutannya memberikan wawasan kepada para petani Kabupaten Karimun agar menggunakan metoda baru tentang kaidah bertani.

Hal ini menjadi atensi HKTI, yaitu bertani yang baik, menyelamatkan hara tanah, memuliakan tanah, dengan metode bertani yang benar serta perkuat koordinasi dengan pemerintah daerah dan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) untuk melaksanakan program HKTI.

“Yang kita perlukan adalah kita mengenali potensi-potensi apa yang bisa kita tanam karena presiden jokowi menginginkan masyarakat nanam apa saja yang penting itu sebagian dari cadangan pangan nasional kita,” jelas Moeldoko.

Kedatangan Kepala Staff Kepresidenan RI dan Ketua Kelompok Himpunan Tani Indonesia Bpk. Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, SIP ke ‘Bumi Berazam’ Karimun Darussalam kali ini turut didampingi oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad S.E., MM.

Rombongan yang mengendarai pesawat Cassa 212 milik Angkatan Laut dan disambut oleh Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos, M.Si beserta rombongan FKPD saat mendarat di Bandara Sei Bati, Kecamatan Tebing, Senin (21/11/2022) siang.

Kedatangan rombongan yang mendapat pengawalan dari sekitar 140 orang personil dari Polres Karimun Polda Kepri, langsung bergerak dari Bandara Bati menuju ke gedung Nasional Karimun,

Usai melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) HKTI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2022, Moeldoko juga menghadiri acara Mimbar Sarasehan Petani Se-Kepulauan Riau yang dipusatkan di Costal Area Karimun,

Selanjutnya usai acara, rombongan langsung bergerak kembali menuju ke Bandara Sei Bati Tebing untuk balik bertolak ke Jakarta. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy