Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Sei Lakam Timur Jadi Kampung Tangguh Bersih Narkoba

Sei Lakam Timur Jadi Kampung Tangguh Bersih Narkoba

by U & A.com
188 views

KARIMUN (U&A.com) – Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan SIK bersama bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq beserta Forkopinda Karimun, meresmikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Kelurahan Sei Lakam Timur, Kecamatan Karimun, untuk menekan angka kasus penyalahgunaan narkoba di daerah ini, Rabu (26/7/2021).

“Kampung Tangguh Bersih Narkoba ini merupakan ‘pilot project’ dari Kapolri untuk mengajak pemerintah kelurahan dan desa agar menjaga warga dari peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang lain,” terang KBP Muhammad Adenan SIK didampingi Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq kepada para insan pers.

Dia menjelaskan, pendirian Kampung Tangguh Bersih Narkoba melibatkan semua unsur mulai dari lurah dan kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), TNI, dan masyarakat untuk mencegah agar peredaran narkoba tidak semakin berkembang di daerah ini.

Ia berharap kampung narkoba ini dapat dikembangkan hingga ke desa lain agar wilayah hukum Polres Karimun bersih dari penyalahgunaan narkoba.

“Yang terpenting peran masyarakat sangat diharapkan agar aktif terhadap pencegahan dan pemberantasan narkoba mengingat peredaran di Kabupaten Karimun sejak beberapa bulan terakhir cukup tinggi,” ujarnya.

M Adenan menjelaskan, daerah Sei Lakam Timur merupakan merupakan daerah padat penduduk dan berada di pinggir perairan dan banyak pelabuhan tikus dan banyak pelabuhan yang tidak resmi, sehingga tidak menutup kemungkinan narkoba bisa masuk ke wilayah ini melewati jalan pintas.

“Kami mengajak masyarakat apabila mendapat informasi atau melihat sendiri adanya pemasok, pengedar dan pengguna narkoba agar segera melaporkan ke polisi terdekat atau menghubungi layanan call center Polri 110, serta dapat langsung menyampaikan ke BNN dan Bea cukai agar masyarakat daerah kita tidak di hancurkan oleh sindikat narkoba,” ajak M Adenan.

Berdasarkan data selama kurun waktu 1 tahun Polres Karimun mengungkap penyalahgunaan narkoba jenis ganja, ekstasi, happy five dan sabu-sabu sebanyak 10 kilogram lebih dengan menangkap pengedar dan pengguna barang haram tersebut

Hal itu menunjukkan peredaran narkoba di Kabupaten Karimun cukup memprihatinkan sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan agar generasi penerus bangsa selamat dari bahaya narkoba.

“Melalui Kampung Tangguh Bersih Narkoba diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak terlibat narkoba,” tegasnya.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas upaya pihak Polres Karimun dalam menekan peredararan narkoba di Bumi Berazam. ”Atas nama pemerintah memberikan apresiasi, mari bersama sama kita dukung program Kapolri ini dalam upaya memberantas peredaran narkoba, khususnya di wilayah Karimun,” Aunur Rafiq, Rabu (23/6/2021).

Disampaikan Aunur, Kabupaten Karimun merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapore, sehingga menjadi rawan akan peredaran narkoba. ”Kampung Tangguh Bersih Narkoba yang digiat oleh Polres Karimun ini merupakan komitmen dalam memberantas perdaran narkoba di wilayah Karimun,” ucapnya.

Dalam menangani peredaran narkoba, sambung Bupati mengatakan perlu keseriusan dan kebersamaan semua element baik pihak penegak hukum maupun masyarakat. ” Narkoba musuh kita bersama, mari bersama kita perangi narkoba,” pinta Aunur Rafiq. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy