Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Sirekap Pilkada Karimun, BERSINAR Balik Ungguli ARAH

Sirekap Pilkada Karimun, BERSINAR Balik Ungguli ARAH

by U & A.com
0 comment
KARIMUN (U&A.com) – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 2 Ing Iskandar – Anwar Abu Bakar (BERSINAR) unggul sementara berdasarkan Sistem Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Sirekap) KPU.

Dilihat U&A.com, data per Minggu (13/12/2020) pukul 11:26:38 WIB, pasangan calon Bupati Karimun nomor urut 1, Aunur Rafiq-Anwar Hasyim (ARAH) kalah tipis dengan presentase 49.8 persen atau 43.929 suara.

Sementara, pasangan nomor urut 2, Iskandarsyah-Anwar Abubakar (BERSINAR) dengan presentase 50,2 persen atau 44.227 suara. Terdapat selisih 298 suara saja untuk keunggulan pasangan BERSINAR

Hingga hari ini, suara yang masuk masih didominasi dari luar Pulau Karimun, seperti Moro, Kundur, Meral, Tebing dan Buru, Kundur Barat dengan presentase diatas 80 persen.

Menu hitung suara data yang hasil foto formulir model C hasil KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap KPU Karimun tersebut ditampilkan dalam laman pilkada2020.kpu.go.id.

Pada hari ini, suara yang masuk menurut progres 441 TPS dari 555 TPS yang ada di Kabupaten Karimun atau sekitar 79,46 persen.

Berikut perolehan suara yang dikantongi pasangan ARAH dan BERSINAR berdasarkan per kecamatan di Kabupaten Karimun:

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko ketika dikonfirmasi mengatakan, informasi yang diperoleh di laman KPU pilkada2020.kpu.go.id tersebut, merupakan data yang ditampilkan pada menu hitung suara adalah data yang hasil foto formulir model C hasil KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

“Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C hasil KWK, akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan. Apabila terdapat perbedaan data yang tertulis pada formulir C hasil KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap web tingkat kecamatan,” ujarnya.

Dikatakan, data yang ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi pernghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

Eko juga mengatakan, masyarakat juga dapat memantau hasil penghitungan suara sementara Pilkada 2020 melalui situs web: https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp. “Laman itu tampilan hasil sementara pilkada,” ujarnya.

Saling Klaim
Seperti diketahui, tahapan pemungutan suara pencoblosan Pilbup Karimun dan Pilgub Kepri baru saja selesai dilakukan, Rabu (9/12). Dari dua pasangan calon yang bertarung memperebutkan kursi kepala daerah, masing masing mengklaim sebagai pemenang dan meraih suara lebih unggul meski menang tipis.

Pasangan calon Bupati Karimun dan Wakil Bupati Karimun, nomor urut satu H Aunur Rafiq- H Anwar Hasyim (ARAH) menyatakan meraih kemenangan tipis dengan selisih 1,6 persen.

Yusuf Sirat, Ketua Koalisi Pemenangan Tim ARAH, menyampaikan, berdasarkan formulir C1 yang di rekapitulasi Tim ARAH, di dapatkan hasil total suara sah 109.116 suara dimana ARAH meraih 55456 suara (50,8%) dan Bersinar meriah 53660 suara (49.5%) dari suara masuk di 555 TPS.

“Terdapat selisih suara sebanyak 1796 suara dan Insya’ Allah kita menang dengan selisih tipis 1,6 persen dan tentunya kita tidak terburu-buru menyampaikan hasil ini,” klaim Yusuf saat menggelar press confrence di rumah kediaman H Aunur Rafiq di Komplek Perumahan Telaga Mas Kolong Kel. Sei Lakam Barat, Kec. Karimun Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Rabu (9/12/2020) malam sekitar pukul 00.00 WIB.

Sementara pasangan calon Bupati Karimun dan Wakil Bupati Karimun, nomor urut dua Iskandarsyah-Anwar Abubakar (Bersinar) juga menyatakan keluar sebagai pemenang dengan meraih perolehan suara sebanyak 56.340.

Ia mengklaim jumlah tersebut mengungguli pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut satu, Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim (Arah) yang mendapat 55.008 suara.

Iskandar menjelaskan data yang disampaikan oleh pihaknya itu sudah berdasarkan perhitungan manual melalui salinan langsung C hasil.

“Dalam hitungan kami total 56.340 suara untuk paslon Bersinar. Sedangkan, 55.008 suara untuk ARAH. Ini kemenangan tipis dengan selisih 1.332 suara. Bagi kita berapa pun yang penting menang,” ujar Iskandarsyah saat menggelar menggelar press confrence di kantor DPD PKS Kabupaten Karimun, Rabu (9/12/2020) malam. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy