Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Soal Tantangan Tugas di Daerah Perbatasan, Ini Pesan Wamenkeu kepada Jajaran Kanwil DJBC Khusus Kepri

Soal Tantangan Tugas di Daerah Perbatasan, Ini Pesan Wamenkeu kepada Jajaran Kanwil DJBC Khusus Kepri

by U & A.com
0 comment

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara melakukan kunjungan kerja ke Karimun. (Humas DJBC Khusus Kepri)

KARIMUN (U&A.com) – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengingatkan jajaran Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang bertugas di daerah perbatasan agar selalu teguh dalam pelaksanaan tugas dan senantiasa berupaya meningkatkan kompetensi agar kinerja yang dihasilkan bisa lebih optimal.

Hal ini dikatakan Wamenkeu saat melakukan kunjungan kerja ke ke Bumi Marine Customs Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau, Selasa (2/11/2021).

“Tugas kita adalah menjaga keuangan negara. Yang satu (DJBC) menjaga lewat kepabeanan dan cukai, yang satunya (DJP) menjaga lewat penerimaan pajak. Saya minta ini dilakukan dengan baik. Dan khusus untuk Kanwil Kepri yang ada di ujung tombak garis depan perbatasan memiliki tugas tambahan yaitu menjaga kedaulatan kita dan kedaulatan ekonomi Indonesia,” tegas Wamenkeu.

Wamenkeu menilai bahwa tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas di daerah perbatasan sangat beragam dan penuh tantangan.

“Tantangan yang masih harus terus diwaspadai adalah maraknya aksi penyelundupan barang yang harus ditangani secara cermat dan baik. Mari terus meningkatkan kompetensi untuk menjaga perbatasan kita karena menjaga perbatasan itu adalah dengan melihat ke luar, kita tidak melihat ke dalam. Amanat itu saya minta untuk terus dilakukan,” pesan Wamenkeu Suahasil Nazara.

Wamenkeu juga memberikan apresiasi atas sarana dan prasarana yang dipunyai dan digunakan oleh jajaran DJBC dalam pelaksanaan tugasnya dapat tersedia dengan baik dan selalu siap digunakan. Hal ini menunjukkan adanya kesiapsiagaan jajaran Kemenkeu dalam melaksanakan tugasnya.

”Saya beri apresiasi kepada Kanwil DJBC Khusus Kepri yang telah mencapai target penerimaan sebesar 107,8 persen dari target 2021. Dan, terus bersinergi dengan seluruh unsur dalam Kementerian Keuangan di Wilayah Kepulauan Riau dapat bekerja keras, cerdas, ikhlas serta mampu bersinergi antar unit atau lembaga dibawah Kementerian Keuangan maupun dengan Pemerintah Daerah, aparat penegak hukum dan kementerian terkait lainnya,” kata Suahasil Nazara.

“Saya ingin titip kepada Saudara-saudara semua agar terus semangat, kerja keras itu refleksi otot, kerja cerdas itu reflektif otak kita, dan yang terakhir kerja ikhlas itu refleksi ketakwaan kita. Sekali lagi titip perbatasan Indonesia, kerja keras kerja cerdas kerja ikhlas,” ujarnya lagi.

Kunjungan kerja Wakil Menteri Keuangan RI ini dihadiri juga oleh Oza Olavia yang menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Penerimaan Kemenkeu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Didyk Choiroel, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kepulauan Riau selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Wilayah Kepulauan Riau Cucu Supriatna, Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam Ambang Priyonggo dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kepulauan Riau Indra Soeparjanto.

Kehadiran Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara disambut jajaran pejabat dan pegawai Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau serta Kepala Kepolisian Resor Karimun AKBP Tony Pantano. Rombongan tiba di dermaga PSO BC TBK dengan menggunakan kapal patroli BC 30001. Kedatangan ini merupakan kali pertama Wakil Menteri Keuangan ke Wilayah Kepulauan Riau, khususnya Tanjung Balai Karimun.

Kedatangan disambut dengan acara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Rangkaian kegiatan dalam kunjungan kali ini antara lain, penyematan Wing Patroli Laut kepada Wakil Menteri Keuangan RI Suahasil Nazara sebagai tanda penghormatan yang dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.

Selanjutnya Wamenkeu menyaksikan keterampilan seni bela diri yang diperagakan oleh pegawai Bea Cukai, berkeliling kantor dan meninjau barang hasil penindakan di Tempat Penimbunan Pabean Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.

Selanjutnya Wakil Menteri Keuangan berkesempatan mengunjungi Pulau Merak dengan menggunakan speedboat Patroli Laut Bea Cukai. Acara dilanjutkan di Aula PSO Tg. Balai Karimun yang dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepri dengan memberikan pemaparan mengenai gambaran kondisi geografis, potensi ekonomi, pemulihan ekonomi nasional di wilayah kerja Kanwil DJBC Khusus Kepri serta pencapaian dan inovasi yang telah dilakukan.

Setelah mengunjungi Tanjung Balai Karimun, Wakil Menteri Keuangan beserta rombongan langsung bertolak menuju Batam menggunakan kapal patroli BC 30001.

Sementara itu Kakanwil DJBC Khusus Kepri Akhmad Rofiq mengungkapkan, kedatangan Wakil Menteri Keuangan diharapkan dapat memberi semangat dan motivasi kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan khususnya Bea Cukai di Tanjung Balai Karimun untuk bekerja keras, cerdas dan ikhlas demi kemajuan dan pemulihan ekonomi Indonesia. (r/hj)

 

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy