Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN SUHAJAR, Dari Sekcam ke Sekjen Kemendagri

SUHAJAR, Dari Sekcam ke Sekjen Kemendagri

by U & A.com
0 comment

SEKDA KARIMUN : Beliau Adalah Kebanggan Bagi Karimun

KARIMUN (U&A.com) – Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Provinsi Kepri HM Firmansyah menyebut pelantikan Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si sebagai Sekjen Kemendagri oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian , Kamis (10/3/2022), merupakan kebanggaan bagi Provinsi Kepri khususnya Kabupaten Karimun ‘Negeri Bumi Berazam’.

“Kesuksesan seorang Suhajar Diantoro ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semuanya, meskipun kehidupan masa kecilnya yang penuh dengan lika-liku dan perjuangan yang sulit, tetapi dengan semangat yang tinggi dan motivasi untuk terus maju dalam meraih kesuksesan ternyata tak sia-sia,” ujar Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah, Kamis (10/3/2022).

Firmansyah menyebut, dengan tingkat kecerdasan yang tinggi sosok Suhajar telah menjadi sebagai salah satu tokoh yang meng inspirasi dan panutan di bidang birokrasi pemerintahan.

“Saya sangat dekat dengan beliau dan belajar banyak hal dari beliau. Apa yang telah beliau ajarkan sangat bermanfaat bagi kita semua. Sehat dan sukses selalu buat beliau,” sebut Firmansyah.

Firmansyah menyebut, lelaki kelahiran Kundur, 2 Mei 1964 tersebut mulai menapaki sebagai seorang pejabat birokrat di Kabupaten Karimun dimulai dari jabatan Sekretaris Camat (Sekcam) tahun 1991-1993.

Kemudian pada tahun 1993-1995 melanjutkan pengabdiannya sebagai seorang birokrat di Kecamatan Serasan sebagai Camat dan setelah lebih kurang 2 tahun bertugas di Serasan.

Akhirnya, anak dari pasangan Yem bin Kasno dan Fatimah binti Dasuki ini kembali lagi ke kampung halaman sebagai Camat Kundur dari tahun 1995-1999.

Lebih kurang 4 tahun bertugas di tanah kelahirannya, Suhajar Diantoro kembali berpindah tugas lagi menjadi Camat Karimun pada tahun 1999 hingga tahun 2000

Seiring dengan pemekaran wilayah, Karimun yang berobah status menjadi Kabupaten Karimun, anak ke 4 dari 9 bersaudara ini pun dipercaya menjadi Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Karimun pada tahun 2000-2004.

Kemudian pada tahun 2004- 2007, Suhajar Diantoro kembali dipercaya oleh Bupati Karimun H.Muhammad Sani menjadi Kepala Bappeda kabupaten Karimun. Jabatan ini merupakan jabatan terakhirnya sebagai birokrat di Kabupaten Karimun.

Selanjutnya, Suhajar diantoro yang memiliki prestasi cemerlang itu pun berpindah ke pemerintahan Provinsi Kepri dengan jabatan sebagai Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Kepri pada tahun 2007-2008.

Prestasi kerjanya terus menanjak naik, sehingga lelaki yang murah senyum ini mendapat kepercayaan lagi untuk jabatan sebagai kepala Bappeda provinsi Kepri tahun 2008-2011.

Karena prestasi kerjanya yang cemerlang itu, Suhajar Diantoro pun kembali dipercaya menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri pada tahun 2011-2013.

Selama kurang lebih 3 tahun memegang jabatan tertinggi di kalangan birokrat Provinsi Kepri, akhirnya Suhajar Diantoro hijrah ke ibukota dengan jabatan sebagai Rektor IPDN pada tahun 2013-2015.

Dengan kecerdasannya, Suhajar Diantoro berhasil membenahi almamaternya tersebut dan karir birokratnya semakin menanjak naik. Dan pada tahun 2015 dia dipercayai sebagai staf ahli Bidang Pemerintahan di Kemendagri hingga tahun 2021.

Suhajar Diantoro pernah ditugaskan sebagai pejabat Gubernur Bengkulu, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, dan juga sebagai pejabat Gubernur Kepri.

Dan kini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si Sekjen Kemendagri, Kamis (10/3/2022).

Selamat Bertugas Putra Terbaik Karimun. Sukses Selalu menyertai. (hj/dikutip dari batamtoday.com).

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy