Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Teluk Uma Masuk Nominasi Pasar Sehat Tingkat Nasional 2021

Teluk Uma Masuk Nominasi Pasar Sehat Tingkat Nasional 2021

by U & A.com
0 comment

Plh Bupati Karimun Dr Muhd Firmansyah menyampaikan sambutan

KARIMUN (U&A.com) – Pasar Teluk Uma, Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun masuk sebagai nominator dalam Lomba Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Tingkat Nasional Tahun 2021.

Hal ini disampaikan Ratna Wulandari S.Farm, APT, MSC, tim verifikator pusat saat melakukan kunjungan dan peninjauannya di Pasar Teluk Uma, Kamis (15/4/2021) pagi.

Ia menyampaikan terpilihnya Pasar Teluk Uma berdasarkan surat Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan Badan POM RI nomor B.PM.03.02.55.552.03.21.72 tanggal 02 Maret 2021.

Tindak lanjut terpilihnya Pasar Teluk Uma sebagai nominator, tim verifikator pusat yang terdiri dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan dan Badan POM melakukan kunjungan lapangan ke Pasar Teluk Uma didampini Tim BBPOM di Batam untuk mengkonfirmasi data profil Pasar Teluk Uma yang telah dikirim ke Badan POM dan melihat sejauh mana komitmen stakeholder dalam mewujudkan Pasar Teluk Uma yang bebas dari bahan berbahaya.

“Tim yang terdiri dari 6 orang bertugas dalam rangka Verifikasi Penilaian Lomba Pasar Aman berbasis komunitas,” ujar Ratna

Plh Bupati Karimun Dr Muhd Firmansyah bersama Dirut Perumda Karimun Defanam Syam ST

Adapun 6 orang tim verifikator pusat adalah Muhd Anwar Ahmad (Kementrian Perdagangan), Ratna Wulandari S.Farm, Apt, MSC (Direktorat PMPU PO), Santi Laria Simanjuntak (Kementrian Dalam Negeri), Tri Arga Wikandono ST (Kementrian Kelautan dan Perikanan), Siti Aminah S.Farm, Apt (Direktorat PMPU PO) dan Tyurayya Ghaida (Kementrian Informasi dan Informatika).

Ratna Wulandari selaku Ketua Tim Juri, mengatakan pasar sehat, bersih dan aman dari bahan berbahaya sangat menguntungkan penjual dan pembeli.

“Bagi penjual yang ada di dalam pasar yang sehat, bersih, dan aman dari bahan berbahaya, akan banyak konsumen yang datang ke pasar tersebut. Bagi konsumen, dengan berbelanja di pasar sehat akan terbebas dari racun atau bahan berbahaya yang dapat merusak organ tubuh,” katanya.

Lebih lanjut Tim Juri menyampaikan, bahwa program pasar sehat adalah milik bersama. Bukan hanya Pemerintah, melainkan juga komunitas pasar dan masyarakat.

“Kunci sukses keberhasilan program percontohan pantauan pasar aman dari bahan berbahaya ini adalah konsistensi dan kesinambungan dari peran petugas pasar, Dinas Kesehatan Kabupaten, Badan POM serta Kemenkes,” ujar Ratna

“Kondisi pasar cukup baik untuk masuk kategori pasar sehat, tapi saya berharap kondisi pasar bersih ini bisa terus ditingkatkan ke depannya,” kata Ratna seusai melakukan peninjauan.

Kehadiran tim pusat disambut oleh Plh Bupati Karimun Dr Muhd Firmansyah didampingi Kepala BBPOM di Batam Bagus Heri Purnomo S.Si.Apt

“Kami senantiasa melakukan pembenahan sarana prasarana dan juga penertiban pedagang untuk mewujudkan Pasar Teluk Uma menjadi pasar sehat dan nyaman, yang dapat menjadi percontohan bagi pasar lain,”ujar Dr Muhd Firmansyah dalam sambutannya.

“Kami berterimakasih kepada rekan-rekan dari BBPOM Batam yang telah memberikan bimbingan dan pengetahuan tentang keamanan pangan kepada staf pengelola pasar serta komunitas pasar, yaitu pedagang dan pengunjung pasar,”lanjut Muhd Firmansyah.

Kepala BBPOM di Batam Bagus Heri Purnomo juga menyatakan terimakasih kepada Disperindag Karimun dan Perumda Karimun atas upaya yang dilakukan. “BBPOM mengapresiasi kerja keras yang sudah dilakukan oleh pihak Dinas Perdagangan, Perumda Karimun dan semua petugas pasar Teluk Uma dalam melaksanakan program Pasar Aman sepanjang tahun 2020 serta mengupayakan keberlanjutannya”.

Dalam kunjungannya, tim penilai melaksanakan verifikasi sarana dan prasarana pasar dengan melihat kondisi pasar secara langsung, mewawancarai pedagang dan petugas pasar, serta memeriksa dokumen yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan keamanan pangan.

Selanjutnya tim juri akan melakukan penilaian dan akan memutuskan pemenang lomba pasar Aman yang akan diumukan kemudian. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy