Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Terjatuh dari Kapal, ABK Hilang di Pelabuhan PT. Saricotama Kundur

Terjatuh dari Kapal, ABK Hilang di Pelabuhan PT. Saricotama Kundur

by U & A.com
0 comment

KM. Sumatra Jaya 88 GT : 29 No.333 GGH dengan nahkoda bernama Azhar (28), asal Penyalai diketahui membawa muatan 60 kepala dari Penyalai Kabupaten Pelelawan Provinsi Riau dengan tujuan PT. Saricotama Kundur Pulau Kundur Kab. Karimun

KARIMUN (U&A.com) – Nandar Suryadi, (22), anak buah kapal (ABK) KM Samudra Jaya 88 dinyatakan hilang dan belum ditemukan setelah terpeleset dan terjatuh ke laut di pelabuhan PT.Saricotama Sengko, Tanjungbatu, Kundur, Senin (4/7/2022).

Korban diketahui merupakan warga Penyalai Kabupaten Pelelawan Provinsi Riau.

Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Joko Santosa mengatakan, korban terpeleset dan jatuh ke laut pada 22.00 Wib.

“Korban jatuh diduga akibat gelombang air laut pasang dan arusnya kuat,” kata Joko Santosa, dalam keterangan tertulis, Selasa 5/7/2022) siang.

Dia menjelaskan, kronoligis kejadian bermula saat KM. Sumatera Jaya 88 yang sejak hari Minggu (3/7/2022) telah bersandar di dermaga PT. Saricotama Indonesia dengan muatan Kelapa sekitar 60 ton.

Kemudia pada hari Senin (4/7/2022) sekitar pukul 22.00 WIB hahkoda KM. Sumatera Jaya 88 Zahar memerintahkan Nandar untuk kencangkan tali tross haluan kapal yang terikat dengan dermaga PT. Saricotama Indonesia.

Saat itu air laut pasang, kondisi saat itu cuaca terang, angin sedang, sedangkan arus air laut kuat. Pada saat Nandar mau kencangkan tali, tiba-tiba jatuh ke Laut.

Selanjutnya Nahkoda KM. Sumatera Jaya 88 beserta ABK lainnya melakukan pencarian terhadap korban, namun tidak diketemukan, karena situasi Arus air laut cukup kuat.

“Pencarian dilanjutkan hingga pagi hari dibantu oleh warga sekitar dan Nelayan asal Penyalai yang datang ke lokasi kejadian, namun korban belum juga ditemukan,” jelas Joko Santosa.

Dikatakan Joko, KM. Sumatra Jaya 88 GT : 29 No.333 GGH dengan nahkoda bernama Azhar (28), asal Penyalai diketahui membawa muatan 60 kepala dari Penyalai Kabupaten Pelelawan Provinsi Riau dengan tujuan PT. Saricotama Kundur Pulau Kundur Kab. Karimun.

Sementara PT. Saricotama Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di eksportir komoditas kelapa yang beralamat di jl. Senko Tg. Setut Laut, Kel. Gading Sari, Kec. Kundur Pulau Kundur, Kab. Karimun. Direktur PT. Saricotama Indonesia bernama Hermanto.

Kapolsek Kundur Kompol Muhammad Qomarudin menyampaikan saat ini masih sedang dilakukan pencarian terhadap korban Nandar Suryadi.

Upaya pencarian yang dilakukan Selasa (5/7/2022) personel patroli Ditpolair Polda Kepri, KPLP Wilayah Kerja Tanjung Batu Kundur, KSOP Tanjung Batu Kundur menggunakan unit Kapal KPLP satu unit kapal Ditpolair Polda Kepri dan Kapal KM. Samudra Jaya 88 namun belum membuahkan hasil.

“Anggota Polsek Kundur, personel patroli Ditpolair Polda Kepri, Danposmad masih melakukan pencarian di sekitar perairan Tanjung Batu, pelabuhan PT. Sarikotama Indonesia, perairan desa Lubuk, desa Batu Limau Kecamatan, namun masih nihil,” ucap Tarigan, kepala KPLP Wilker pelabuhan Tanjungbatu, Selasa (5/7/2022). (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy