Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Gubernur Ansar Ahmad Ajak Semua Komponen Bangkitkan UMKM di Karimun

Gubernur Ansar Ahmad Ajak Semua Komponen Bangkitkan UMKM di Karimun

by U & A.com
0 comment

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq bersama salah satu produk unggulan UMKM Karimun yang lagi viral saat ini yakni kerupuk LADU KARIMUN

KARIMUN (U&A.com) – Gubernur Kepulaan Riau Ansar Ahmad, terus berupaya mendongkrak serta mendorong keterlibatan peran serta semua elemen strategis untuk mendorong kebangkitan UMKM dalam mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid seperti sekarang ini.

“Saya yakin, sektor UMKM ini yang akan bisa memberikan daya dukung terhadap bangkitnya perekonomian di Kabupaten Karimun serta Kabupaten kota lainnya di Provinsi Kepulaan Riau ini,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan pada acara Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Karimun Tahun 2021 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Karimun Tahun 2022 bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Karimun, Rabu (17/3/2020)

Ansar Ahmad mengatakan, pemulihan ekonomi di masa pandemi ini harus mengikutsertakan peran UMKM secara lebih dominan yang telah terbukti sebagai backbone perekonomian di Kepulauan Riau termasuk Karimun.

“Saat ini adalah momen yang tepat untuk kita dapat menggelorakan kembali berbagai upaya untuk memberdayakan usaha mikro dan kecil.Untuk itu kita menghimbau semua pihak dan komponen membangkitkan UMKM di Karimun ,” ujar Ansar.

Guberur Kepri Ansar Ahmad bersam Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq memperlihat salah satu produk UMKM Karimun yakni tempat tisu dari kerang hasil karya dari Nazdin yang dipamerkan di acara Musrembang Kabupaten Karimun 2021

Menurut Ansar, ada dua hal yang membuat pandemi Covid-19 menjadi momentum merealisasikan potensi UMKM tersebut. Pertama, kata dia, Pemprov Kepri sedang berupaya keras untuk membangkitkan perekonomian yang disebutnya mulai menunjukkan pemulihan.

Selain itu, para pelaku usaha UMKM diharap melakukan inovasi produk, yang menjawab kebutuhan konsumen di masa pandemi. Ansar menyebut digitalisasi merupakan salah satu solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM kuliner dan makanan saat ini.

“Para pelaku UMKM di Karimun harus memanfaatkan medsos untuk menjual dan memanfaatkan produknya untuk go online. Harus kreatif dan inovatif,” sebutnya.

Ansar juga menyampaikan, Pemprov Kepri menyiapkan skema pemulihan ekonomi daerah, termasuk di dalamnya untuk pelaku UMKM. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi kuat dengan memanfaatkan platform digital untuk membangkitkan kembali UMKM sektor makanan dan minuman di Kepri.

Inilah produk UMKM Karimun yang dipamerkan di ajang acara Musrembang Kabupaten Karimun 2021

Inilah produk UMKM Karimun yang dipamerkan di ajang acara Musrembang Kabupaten Karimun 2021

Sementara Bupati Karimun H Aunur Rafiq menyampaikan, pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKN aan penguatan ketahanan pangan termasuk dalam 4 skala prioritas pembangunan tahun 2021 sesuai dengan tema dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Karimun yakni ”PEMULIHAN EKONOMI DAN KESEHATAN SERTA PEMERATAAN PEMBANGUNAN KABUPATEN KARIMUN YANG BERKEADILAN.”

Dengan 4 prioritas pembangunan yakni : 1.Pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM dan penguatan ketahanan pangan. 2.Peningkatan kualitas SDM melalui penguatan kesehatan, pendidikan dan ketenagakerjaan 3.Percepatan infrastruktur yang berkeadilan dan 4.Perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Pada kesempatan musrenbang kali ini kami juga menampilkan beberapa produk UMKM yang tergabung dalam Forum Pengembangan Ekonomi Lokal Kabupaten Karimun sebagai salah satu komitmen pemerintah Kabupaten Karimun dalam mendorong dan mendukung pengembangan ekonomi lokal dan usaha kecil sebagai salah satu penopang perekonomian masyarakat Kabupaten Karimun dan pemulihan ekonomi Nasional akibat dampak pandemi Covid-19,” ujar Aunur Rafiq. (hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy