Home BERITA UTAMAKEPRIKARIMUN Terima Pujian Dewan Juri, KARIMUN Lolos Nominasi ATA 2021

Terima Pujian Dewan Juri, KARIMUN Lolos Nominasi ATA 2021

by U & A.com
0 comment

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq saat melaksanakan vitcon secara virtual dengan BNPB Pusat di rumah dinas Bupati Karimun, Kamis (28/10/2021).

KARIMUN (U&A.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan penilaian daerah penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana (ATA) 2021 mulai dari kabupaten, kota, dan tingkat provinsi.

Dari hasil penjaringan tim penilai, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menjadi salah satu nominasi. Bahkan yang dijuluki ‘Bumi Berazam’ ini satu-satunya kandidat dari daerah Kepri sebagai penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana 2021 tersebut.

“Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, Kabupaten Karimun masuk Nominasi Kandidat Penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana 2021 sebagai apresiasi kepada daerah yang unggul dalam penanganan kebencanaan, baik dalam penanggulangan bencana alam dan non-alam,” kata Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq usai melaksanakan vitcon secara virtual dengan BNPB Pusat di rumah dinas Bupati Karimun, Kamis (28/10/2021).

Dalam vitcon tersebut Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan program dan inovasi dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Karimun dalam wawancara dan penilaian penjurian 30 besar kandidad Wira Sandya Laksana (Anugerah Tangguh Adhiwirasana) Tahun 2021 didampingi Forkominda Karimun, Sekda Karimun, serta pimpinan OPD.

Dalam sesi wawancara 30 besar kandidat peraih Wira Sandya Laksana Anugrah Tangguh Adhiwirasana secara virtual, Karimun mendapatkan pujian dari Dewan Juri Anugerah Tangguh Adhiwirasana karenaberhasil menurunkan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ke Level 1.

“Karimun mendapat apresesiasi dari dewan juri dan ini semua tentunya berkat kerjasama dan kekompakan semua pihak dan tidak terlepas juga dari monitoring secara berkala dan konsisten yang kita lakuan bersama-sama baik pemda yang mendapat dukungan penuh dari TNI-Polri,” jelas Aunur Rafiq.

Dalam sesi wawancara tersebut, Bupati Aunur Rafiq juga turut melaporkan dan menyampaikan beberapa penanganan Covid di Bumi Berazam diantaranya keberhasilan penanganan pemulangan ribuan warga negara Indonesia dari Malaysia dan Singapore via Karimun yang berhasil ditangani dengan cepat dan tuntas.

“Terkait masalah ini, dewan juri juga sangat mengapresiasi langkah dan penangan kita bersama unsur TNI-Polri,” ujarnya.

Hal lain Bupati Aunur Rafiq juga memaparkan terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi yang dilakukan Pemkab Karimun. Pemaparan diawali dengan penyampaian ringkas soal perjalanan pandemi covid-19 di Kabupaten Karimun. Dilanjutkan dengan masalah yang dihadapi saat pandemi, baik kesehatan, ekonomi dan kesejahteraan sosial serta solusinya.

Selanjutnya dipaparkan inovasi yang dilakukan dalam penanganan bidang kesehatan yakni membuat aplikasi berbasis website (data Covid-19 Kabupaten Karimun), program vaksinasi, vaksinasi jemput bola serta pengawasan warga isoman melalui melalui dan melibatkan perangkat RT/RW, lurah, kades hingga camat.

“Selain itu, kami juga membangun kolaborasi dan kerja sama TNI dan Polri, melibatkan petugas Babinsa dan Bhabinkantibmas melakukan monitoring,” ungkap Aunur Rafiq.

Seperti diketahui, Sebanyak 30 daerah, yang terdiri atas 12 provinsi, 9 kabupaten, dan 9 kota, berhasil lolos tahapan penjurian self-assessment untuk penghargaan Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana. Tahap penjurian diantaranya adalah sesi wawancara yang diadakan pada 28-29 Oktober 2021.

Anugerah Tangguh Adhiwirasana adalah penghargaan yang diberikan oleh Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) kepada pihak-pihak yang dinilai berhasil dalam melaksanakan upaya penanganan kebencanaan. Ada dua kategori dalam penghargaan ini, yaitu Wira Sandya Laksana dan Wira Dipta Laksana.

Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi yang menunjukkan kinerja unggul dalam penanggulangan bencana non-alam (Covid-19) di daerahnya. Sementara itu, untuk penghargaan Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Dipta Laksana diberikan kepada perseorangan terkait dengan aktivitas yang sama.

I Nyoman Gde Agus Asrama, Ketua Panitia Anugerah Tangguh Adhiwirasana mengucapkan terima kasih kepada 77 daerah yang telah mengikuti tahapan penjurian Anugerah Tangguh Adhiwirasana.

Nyoaman juga mengucapkan selamat kepada 30 daerah yang berhasil lolos ke tahap seleksi wawancara. “Ini salah satu wujud bagaimana daerah bisa menarasikan penanganan pandemi Covid-19 di daerahnya dengan baik,” terang dia.

Nyoman menambahkan, “Pandemi ini menjadi proses pembelajaran bagi kita sebagai sebuah bangsa untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menjawab tantangan bangsa khususnya dalam hal ini Pandemi Covid-19.”

Ini Daftar 30 daerah yang lolos menuju tahap seleksi wawancara untuk penghargaan Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana adalah sebagai berikut:

1. Provinsi DKI Jakarta
2. Provinsi Jambi
3. Provinsi Jawa Barat
4. Provinsi Jawa Timur
5. Provinsi Kalimantan Barat
7. Provinsi Kalimantan Timur
8. Provinsi Kalimantan Utara
9. Provinsi Kepulauan Riau
10. Provinsi Lampung
11. Provinsi Nusa Tenggara Barat
12. Provinsi Sulawesi Selatan
13. Provinsi Sulawesi Tenggara

14. Kabupaten Karimun
15. Kabupaten Batu Bara
16. Kabupaten Jembrana
17. Kabupaten Badung
18. Kabupaten Karo
19. Kabupaten Kendal
20. Kabupaten Sragen
21. Kabupaten Tapanuli Selatan
22. Kabupaten Toraja Utara

23. Kota Balikpapan
24. Kota Bandung
25. Kota Denpasar
26. Kota Medan
27. Kota Padang
28. Kota Pekalongan
29. Kota Salatiga
30. Kota Tarakan Kota Tegal.

(hj)

You may also like

PT USAHADANA MEDIA MANDIRI
U&A.com, adalah salah satu media siber berjaringan nasional dan internasional dengan mengusung konsep kami hadir untuk mengabarkan. Kami berusaha memadukan kecanggihan teknologi digital dengan berita secara cepat dan praktis. Namun, bagi U&A.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh. lebih lanjut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy